KEK Tanjung Lesung Majukan Ekonomi Pandeglang

Oleh : Irvan AF | Minggu, 27 November 2016 - 09:34 WIB

Hj. Irna Narulita Bupati Pandeglang di Tanjung Lesung- Foto- Industry.co.id
Hj. Irna Narulita Bupati Pandeglang di Tanjung Lesung- Foto- Industry.co.id

INDUSTRY.co.id - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Irna Narulita menyatakan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung akan berdampak pada perekonomian daerah.

"Dampaknya pada ekonomi daerah pasti ada, bahkan warga yang dekat dengan kawasan juga akan merasakan dari pembangunan KEK itu," katanya di Pandeglang, Sabtu (26/11/2016).

Untuk itu, ia berharap agar masyarakat, terutama yang dekat dengan kawasan mendukung pembangunan KEK Pariwisata Tanjung, Kecamatan Panimbang itu.

Tanjung Lesung masuk dalam rencana strategis pemerintah pusat untuk pengembangan pariwisata nasional, namun Pemkab Pandeglang tetap berperan dalam pembangunannya, sesuai kewenangan.

Dalam mengembangkan KEK Pariwisata yang pusatnya di lokasi wisata Pantai Tanjung Lesung itu dilakukan lintas sektoral, di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan serta pemerintah Provinsi Banten.

Selama ini, Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Pandeglang, selain Pantai Carita. Cukup banyak wisatawan yang mengunjungi objek tersebut.

Karena potensinya cukup bagus, pemerintah pusat memandang perlu untuk meningkatkan kawasan itu, dan dijadikan sebagai objek wisata nasional.

Pemerintah pusat kemudian menetapkan Tanjung Lesung sebagai lokasi Pembentukan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata. Pemerintah daerah sangat mendukung rencana itu," katanya.

Lahan KEK yang mencapai 1.500 hektare juga menjadi daya tarik pengunjung, apalagi banyak fasilitas yang disedikan di dalamnya sehingga wisatawan akan betah tinggal.

Dalam KEK Tanjung Lesung, kata dia, akan dibangun 26 hotel, resort dan kondominium serta fasilitas lainnya termasuk lapangan golf dan tempat pendidikan.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Richelle Skornicki

Minggu, 28 April 2024 - 07:54 WIB

Richelle Skornicki Demi Profesionalisme, Reka Berjemur Agar Kulitnya Sawo Matang

Demi kebutuhan cerita sebagai gadis desa dengan kulit sawo matang, sementara kulit Richelle putih bersih harus diubah. Berbagai cara ia lakukan salah satunya berjemur baik dirumahnya di kawasan…

PUPR Rampungkan Infrastruktur Pariwisata KSPN Wakatobi Sultra Tahap I

Minggu, 28 April 2024 - 07:42 WIB

PUPR Rampungkan Infrastruktur Pariwisata KSPN Wakatobi Sultra Tahap I

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penataan dan pengembangan infrastruktur pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi yang berada di Provinsi…

Hadiri Halal Bihalal Ikatan Alumni Jayabaya, Ketua MPR RI Ajak Bangun Kebersamaan dan Sinergi Sosial

Minggu, 28 April 2024 - 07:30 WIB

Hadiri Halal Bihalal Ikatan Alumni Jayabaya, Ketua MPR RI Ajak Bangun Kebersamaan dan Sinergi Sosial

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Dewan Penasehat Ikatan Alumni (IKA) Jayabaya Bambang Soesatyo mengapresiasi kiprah IKA Jayabaya yang tetap eksis dalam menyelenggarakan…

Hadiri Halal Bihalal PKS, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Kukuhkan Kembali Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Minggu, 28 April 2024 - 06:51 WIB

Hadiri Halal Bihalal PKS, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Kukuhkan Kembali Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengajak seluruh elemen bangsa mempererat tali silaturahmi untuk mengukuhkan kembali persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih,…

PP Muhammadiyah serahkan santunan ke difabel

Minggu, 28 April 2024 - 06:34 WIB

MPKS PP Muhammadiyah Dorong Ekosistem Inklusi untuk Penyandang Difabel

Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) mendorong terciptanya ekosistem yang menciptakan masyakat yang inklusif bagi para difabel untuk lebih berdaya.…