Industri Perhotelan di Mando Melesat 80 Persen

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 Januari 2017 - 13:59 WIB

Hotel di Manado (Foto:kaskus)
Hotel di Manado (Foto:kaskus)

INDUSTRY.co.id, Manado - Daerah wisata di Manado sangat beragam dan tingkat pengunjung yang semakin meningkat tiap tahunnya, hal ini dimanfaatkan sebagian oleh industri perhotelan di sana. Industri hotel di Manado, Sulawesi Utara (sulut) menargetkan occupancy rate (OR) atau tingkat hunian kamar di tahun 2017 bisa mencapai 80 persen.

Julita Wowor selaku Direktur of Sales Hotel Sintesa Peninsula Manado, mengatakan, Tahun ini kami cukup optimis kerena tingkat hunian kamar hotel bisa mencapai 80 persen. Senin, (23/01/2017)

Angka ini cukup realistis dengan melihat kunjungan wisatawan baik domsetik maupun mancanegara yang terus mengalami peningkatan dua tahun akhir ini, sambungnya.

Julita menegaskan, pemerintah Sulut mempromosikan dengan baik, secara nasional maupun internasional memberikan dampak yang luar biasa bagi industri hotel di Sulut.

Dengan adanya penerbangan carter dari beberapa kota di Tiongkok, banyak wisman dari negara sana berkunjung ke Sulut dan pemerintah juga kegiatan pemerintah dari pusat.

"Saat ini, permintaan kegiatan pemerintah pusat Manado khususnya di Hotel Penisula mulai berdatangan" ujarnya.

"Kami menargetkan OR tahun ini di atas 60 persen," kata Humas Mercure Tateli Beach and Resort Quin Youke

Target tingkat hunian di tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya, lanjutnya.

Ke depan, pihaknya berharap tingkat hunian akan semakin tinggi, karena mampu memberikan dampak ke semua sektor perekonomian.

Industri perhotelan sangat erat hubungannya dengan beberapa sektor yaitu, pertanian, perikanan karena, membutuhkan pangan untuk diolah. Otomatis, pihak hotel memanfaatkan pangan lokal karena selain murah dibandingkan dipasok dari luar daerah, juga membantu petani di Sulut mendapatkan pasar tetap.

"Harus diakui ada sebagian pangan yang memang harus impor karena lokal belum mampu penuhi" tutup Quin Youke. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chatuchak Weekend Market (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 21:00 WIB

Penting Dicatat Para Shopaholic! Enam Destinasi Belanja di Seluruh Dunia

Ada banyak cara untuk mengangkat suasana hati seseorang, namun terapi ritel tidak diragukan lagi merupakan pilihan populer di antara banyak orang Indonesia, terutama ketika mereka bepergian.

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Jumat, 19 April 2019 - 19:00 WIB

Menristekdikti: Revolusi Industri 4.0 Perlu Peningkatan Pendidikan Vokasi

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, mutu dan relevansi pendidikan tinggi vokasi terhadap industri perlu ditingkatkan, agar Indonesia dapat memenuhi kebutuhan tenaga profesional dalam industri…

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…