Kementan: Percepatan Serap Gabah Petani Terus Ditingkatkan

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 April 2018 - 18:27 WIB

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

INDUSTRY co.idBandung-Dalam rangka percepatan Serapan Gabah/Beras Petani (Sergap) di Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Rakor menyepakati, serapan gabah/beras perlu dimaksimalkan mencapai 70% hingga bulan Juni dari total target Jawa Barat tahun 2018 sebesar 290.664 ton beras. Upaya percepatan akan dimaksimalkan hingga sebelum memasuki bulan Ramadhan, mengingat besarnya panen pada bulan April 2018 seluas 190.711 ha.

Dari laporan Perum Bulog pada 23 April, Jawa Barat menyerap 3.550 ton beras, jauh lebih besar dari target harian yang diberikan yaitu 1.615 ton.

Agung mengapresiasi keberhasilan tersebut sebagai hasil kerja bersama seluruh pihak antara lain Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Perum Bulog, TNI, dan Perpadi yang juga sudah bergabung.

"Saya menyampaikan apresiasi setingi-tingginya atas capaian Jawa Barat dalam melaksanakan Sergab, khususnya TNI dan Perpadi," kata Agung.

Sementara itu Ketua   Perpadi (Persatuan Perusahaan Penggilingan Padi) Daerah Jawa Barat Ermaya menyampaikan,  jajarannya memberikan dukungan penuh kepada pemerintah baik melalui kerja sama dengan Bulog maupun TNI.

“Perpadi siap mendukung pemerintah mengisi cadangan dan kebutuhan Rastra.” Ujar Ermaya.

Menurut Ermaya, Perpadi  berharap kegiatan Sergap bisa memberikan dampak positif bagi kesejahteraan petani.

Selain rakor,  Agung juga  mengunjungi penggilingan padi PB Putra Sunda di Desa Bojongsoang – Bandung. Menurut Akbar, pihaknya telah menyepakati kontrak sebesar 5% dari jumlah produksi untuk dijual kepada Perum Bulog Divre Jawa Barat sebagai Rastra dan CBP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo saat mengunjungi Kopwan SBW di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 - 11:14 WIB

Cegah Kredit Macet, LPDB Mulai Lirik Pola Tanggung Renteng Jadi Role Model

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tertarik dengan pola tanggung renteng yang dikembangkan oleh Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita (SBW) Jawa…

Pelindo 1 (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 11:00 WIB

Kapal Temas Line Rutin Sandari Pelabuhan Kuala Tanjung

Dua kapal milik Pelayaran Tempuran Emas (Temas Line), MV Situ Mas dan MV Segoro Mas sandar di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) yang dikelola oleh PT Prima Multi Terminal, anak perusahaan…

MOU kerjasama antara RS BP Batam dengan dClinic International dan Deloitte South East serta JP Consulting yang akan mengatur manajemen proyek dan keahlian tata pemerintahan klinis telah ditandatangani di RS Batam

Jumat, 24 Mei 2019 - 10:50 WIB

Rumah Sakit BP Batam Terapkan Layanan Kesehatan Berbasis Blockchain

Dengan layanan kesehatan berbasis blockchain pertama di Indonesia, Batam siap menjadi pemimpin dunia dalam penerapan teknologi kesehatan yang komprehensif

Hama Fall Armyworm

Jumat, 24 Mei 2019 - 10:41 WIB

Waspada, Hama Fall Armyworm Terdeteksi Masuk Indonesia

Tim peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) mengungkapkan telah menemukan hama Fall Armyworm (Spodoptera frugiperda) pada dua lokasi pertanaman jagung di  Kota Baru, Luhak Nan Duo, Pasaman…

MRT Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 10:41 WIB

MRT Jakarta Beroperasi Penuh 24 Mei 2019

Terkait dengan rekayasa jalur MRT Jakarta yang diberlakukan sejak tanggal 22 – 23 Mei 2019, PT MRT Jakarta menyampaikan bahwa pada tanggal 24 Mei 2019 mulai pukul 05.00 WIB MRT Jakarta akan…