Kementan: Percepatan Serap Gabah Petani Terus Ditingkatkan

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 April 2018 - 18:27 WIB

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

INDUSTRY co.idBandung-Dalam rangka percepatan Serapan Gabah/Beras Petani (Sergap) di Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menggelar rapat koordinasi (Rakor) di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Rakor menyepakati, serapan gabah/beras perlu dimaksimalkan mencapai 70% hingga bulan Juni dari total target Jawa Barat tahun 2018 sebesar 290.664 ton beras. Upaya percepatan akan dimaksimalkan hingga sebelum memasuki bulan Ramadhan, mengingat besarnya panen pada bulan April 2018 seluas 190.711 ha.

Dari laporan Perum Bulog pada 23 April, Jawa Barat menyerap 3.550 ton beras, jauh lebih besar dari target harian yang diberikan yaitu 1.615 ton.

Agung mengapresiasi keberhasilan tersebut sebagai hasil kerja bersama seluruh pihak antara lain Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Perum Bulog, TNI, dan Perpadi yang juga sudah bergabung.

"Saya menyampaikan apresiasi setingi-tingginya atas capaian Jawa Barat dalam melaksanakan Sergab, khususnya TNI dan Perpadi," kata Agung.

Sementara itu Ketua   Perpadi (Persatuan Perusahaan Penggilingan Padi) Daerah Jawa Barat Ermaya menyampaikan,  jajarannya memberikan dukungan penuh kepada pemerintah baik melalui kerja sama dengan Bulog maupun TNI.

“Perpadi siap mendukung pemerintah mengisi cadangan dan kebutuhan Rastra.” Ujar Ermaya.

Menurut Ermaya, Perpadi  berharap kegiatan Sergap bisa memberikan dampak positif bagi kesejahteraan petani.

Selain rakor,  Agung juga  mengunjungi penggilingan padi PB Putra Sunda di Desa Bojongsoang – Bandung. Menurut Akbar, pihaknya telah menyepakati kontrak sebesar 5% dari jumlah produksi untuk dijual kepada Perum Bulog Divre Jawa Barat sebagai Rastra dan CBP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Kerjasama Bilateral Indonesia dan Aljazair

Kamis, 08 Desember 2022 - 07:57 WIB

Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Kerjasama Bilateral Indonesia dan Aljazair

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Duta Besar Aljazair untuk Indonesia H.E. Mr. Lahcene Kaid Slimane sepakat untuk meningkatkan transformasi kerjasama…

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Kamis, 08 Desember 2022 - 07:32 WIB

Prajurit dan PNS Mako Kormar Jakarta Laksanakan Ling Tienkung

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto bersama sama Pejabat Utama Mako Korps Marinir dan seluruh Perwira, Bintara, Tamtama beserta PNS Mako Kormar laksanakan olahraga Ling…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Kamis, 08 Desember 2022 - 07:24 WIB

ADC SBY Masuk Bursa Pengganti KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Mengutip dari Beritasenator.com, berikut yang beredar di kalangan Wakil Rakyat di senayan adalah analisa semacam ini. ADC SBY (Soesilo Bambang Yudhoyono) Masuk Bursa Pengganti Laksamana TNI…

Peresmian Tarik Tunai Tanpa Kartu Bank DKI di Jaringan Prima

Rabu, 07 Desember 2022 - 20:43 WIB

Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bank BNI dan CIMB Niaga

Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya khususnya layanan digital, melalui kerjasama dengan PT Rintis Sejahtera (Jaringan PRIMA).

Pencapresan KIB Akan Bepengaruh pada Konstelasi Politik Nasional

Rabu, 07 Desember 2022 - 20:20 WIB

Pencapresan KIB Akan Bepengaruh pada Konstelasi Politik Nasional

Jakarta- Pengamat politik dari Universitas Diponegoro, Teguh Yuwono mengatakan Meski belum memiliki sosok internal KIB yang kuat, namun apapun pilihan mereka nantinya akan berpengaruh pada peta…