Hadapi Arus Teknologi, Menteri Jonan Paparkan Jurus Leadership di Rakor Pembangunan Daerah DIY

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 April 2018 - 10:00 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Menghadapi derasnya arus teknologi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memaparkan jurus jitu leadership (kepemimpinan) untuk diterapkan para pemimpin di berbagai daerah untuk dapat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Kita tidak bisa menahan zaman, maka kita yang harus ber-'evolusi', bukan 'revolusi' tapi 'evolusi', dari reaktif jadi proaktif, itu kuncinya," ujar Jonan pada Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Yogyakarta, Rabu (18/4/2018).

Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut juga turut dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan jajarannya.

Menurut Jonan, selain memiliki pengikut, yang lebih penting bagi seorang pemimpin adalah hasil. "Tunjukkan apa hasil yang telah diraih, tidak perlu bercerita panjang lebar tentang proses lagi, itu sudah bagian way of life, yang penting hasil, bukan popularitas. Kalau harus milih populer atau hasil, saya lebih memilih hasil," lanjutnya.

Selain itu, Jonan berpesan kepada pimpinan DPRD, Bupati/Walikota, dan para pimpinan badan/dinas di DIY yang hadir untuk dapat memberikan contoh nyata. "Untuk dapat mentransfer ilmu kepada orang lain yang berasal dari berbagai rentang usia, mengurangi gap, kuncinya adalah memberi contoh nyata," ujar Jonan.

Menurut Jonan, sangat penting bagi pemimpin memberikan teladan bagi bawahannya. Pemimpin juga harus menentukan target-target keberhasilan jangka pendek sebagai bagian proses transformasi organisasi.

Dan terakhir, leadership bukanlah soal ranking, titel, atau tentang uang, tapi leadership adalah tentang tanggungjawab. "Sedikit tanggung jawabnya, tapi diselesaikan sampai tuntas. Jangan terlalu banyak visi, terlalu banyak kajian tapi masalah organisasi yang simpel justru tak terselesaikan," pungkas Menteri Jonan.

Kehadiran Menteri ESDM pada acara yang mengusung tema "Transformation Leadership: Inspirasi Pembangunan Daerah yang Berkualitas" tersebut diharapkan memberikan inspirasi bagi birokrat Pemda DIY dalam mengelola pembangunan daerah yang berkualitas. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…