Kemenag Riau Gencarkan Sosialisasi Produk Halal

Oleh : Anisa Triyuli | Selasa, 17 April 2018 - 12:33 WIB

Ridhuan's Muslim Delights, Kion Makanan Halal yang Menjual Masakan Cina (Foto:vulcanpost)
Ridhuan's Muslim Delights, Kion Makanan Halal yang Menjual Masakan Cina (Foto:vulcanpost)

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Kanwil Kemenag Riau, terus menggencarkan sosialisasi tentang jaminan produk halal untuk memberikan perlindungan kepada umat Islam terhadap produk yang diharamkan dalam agama Islam setelah berdirinya Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH) Riau, 10 Oktober 2017.

"Aneka produk makanan yang masuk ke Riau, dan beredarnya video di medsos selama ini diduga banyak menggunakan bahan bahan yang tidak halal, sehingga produk halal perlu terus disosialisasikan," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Ahmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Senin (16/4/2018)

Menurut dia, dengan adanya labelilsasi halal itu, maka produsen dan konsumen akan memperoleh keuntungan secara ekonomi, makin terjamin makanan di wilayah Riau dari segi kehalalannya.

Selain itu, katanya, jaminan halal akan menarik perhatian pengunjung dari daerah maupun negara lain yang mayoritas Islam seperti dari Malaysia dan Timur Tengah untuk berkunjung ke Riau.

"Sebab mereka sudah bisa memastikan dan yakin bahwa makanan yang mereka konsumsi terjamin kehalalannya," katanya.

Selain itu, bagi non muslim pun akan menambah kepercayaan yang tinggi, karena menurut mereka halal itu identik dengan sehat, bersih dan suci, sekaligus menjadi daya tarik terhadap keberlangsungan pertumbuhan ekonomi di provinsi ini.

Kepadla Bidang Pengembangan Pariwisata Provinsi Riau Yul Akhyar mengatakan Provinsi Riau termasuk 10 dari Provinsi yang digalakkan sebagai wisata halal di Indonesia.

Ia mengatakan, dengan adanya peraturan baru terkait sertifkasi JPH ini, tentu akan mendongkrak kunjungan wisatawan dari daerah lain bahkan dari luar seperti dari Malaysia maupun timur Tengah.

"Sekarang tercatat 102 ribu wisatawan yang berkunjung ke Riau, 50 persennya dari Malaysia, apabila peraturan ini diaplikasikan di Riau baik di hotel dan restoran yang bersetifikat halal tentu akan mendongkrak arus kunjungan wisatawan ke Riau," kata Yul Alhyar seperti dilansir Antara.

Yuliarti dari LP POM MUI, mengatakan, untuk mendukung realisasi sertifikasi halal tersebut LP POM MUI sudah merangkul dan membuat kesepaktan beberapa instansi seperti Dinas Pariwisata, dan dinas koperasi dan dinas Perdagangan untuk mengembangkan kerjasama sertifikasi halal tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TACO dan Senayan City Luncurkan Pameran Karya Kita

Minggu, 18 Agustus 2019 - 13:19 WIB

TACO dan Senayan City Luncurkan Pameran Karya Kita

sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bahan bangunan khususnya produk-produk interior, bekerjasama dengan Senayan City menghadirkan KARYA KITA dengan tema Mosaic of Diversity. Didukung oleh…

Daerah Irigasi Lakitan Sumsel

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:16 WIB

Kementerian PUPR Bangun Saluran Irigasi Primer 3,5 Km dan Sekunder 25 Km di Sumatera Selatan

Luasan DI Air Lakitan akan bertambah 2.590 hektar untuk memenuhi luas layanan 9.697 hektare.

Hunian Sementara atau Huntara

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:10 WIB

786 Bilik Huntara Tersisa Segera Dihuni Warga Terdampak Bencana di Palu, Sigi dan Donggala

Jakarta - Kementerian PUPR membangun hunian sementara (huntara) sebanyak 699 unit yang terdiri dari 8.388 bilik di 72 lokasi di Palu, Sigi dan Donggala. Pembangunan huntara bertujuan agar warga…

Ribuan Warga Namale Ramaikan Gelaran Jalan Sehat BUMN Untuk Negeri di Pulau Buru

Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:05 WIB

Ribuan Warga Namlea Ramaikan Gelaran Jalan Sehat BUMN Untuk Negeri di Pulau Buru

Ribuan warga kota Namlea tumpah ruah untuk mengikuti gelaran jalan sehat BUMN Hadir untuk Negeri dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh PT Pegadaian (Persero)…

Pegadaian Peringati Kemerdekaan RI ke-74 di Pulau Buru

Minggu, 18 Agustus 2019 - 11:54 WIB

Pegadaian Peringati Kemerdekaan RI ke-74 di Pulau Buru

Di hari kemerdekaan ini Pegadaian memberikan bantuan dana CSR dan Bina Lingkungan senilai Rp1,7 miliar di Kabupaten Buru, sebagai rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di 34 Provinsi di…