Tak Kunjung Dapat Investor? Ini Hal yang Jadi Masalah Serius Pelaku Industri Kuliner

Oleh : Dina Astria | Rabu, 11 April 2018 - 19:15 WIB

Incubator Camp Blue Band Master bersama Bekraf. (Dina Astria/Industry.co.id)
Incubator Camp Blue Band Master bersama Bekraf. (Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Berdasarkan data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bahwa industri kuliner merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di sektor non-migas, yakni sebesar 43,95 persen.

Merujuk juga pada data yang dirilis Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) sektor kuliner diprediksi akan tumbuh lebih dari 10 persen.

Tak ayal, saat ini banyak sekali bermunculan usaha-usaha kuliner di Indonesiayang menandakan ketatnya persaingan pada industri kuliner. Terlebih lagi, mereka yang ingin mendapatkan investor untuk bisnis mereka.

Namun, apabila selama ini tak kunjung mendapatkan investor, hal-hal berikut bisa jadi permasalahan serius bagi bisnis industri kuliner menurut Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) saat dijumpai Industry.co.id dalam acara Incubator Camp di The 101 Hotel, Dharmawangsa, Jakarta pada hari Selasa (10/4) kemarin.

Permasalahan yang pertama, yakni saat mempresentasikan bisnis kuliner ke para investor, laporan keuangan dari bisnis kuliner tersebut tidak jelas dan tidak detail dari awal ia memulainya. Hal ini jelas menjadi permasalahan yang sangat serius, diingat bahwa tentu para investor ingin mendapatkan keuntungan.

Faktor keberlangsungan bisnis kulinernya juga menjadi permasalahan serius. Kalau dari awal ia tidak bisa mempertahankan bisnis kulinernya, bagaimana para investor mau untuk menginvestasi modalnya?

Produk dan packaging dari bisnis kulinernya yang terbilang standart atau biasa-biasa saja, tidak mempunyai ciri khas atau keunikan, menambah daftar faktor masalah serius investor tak kunjung menginvestasi modal mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:00 WIB

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Dewan Komisaris Garuda Indonesia pada hari ini, Jumat (6/12/2019) telah menyampaikan SK Dewan Komisaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019 yang menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt.…