Kendal akan Gelar Seni Tradisional di Taman Mini Indonesia

Oleh : Sriyanto | Selasa, 10 April 2018 - 08:04 WIB

Pesta Kesenian Kabupaten Kendal di TMII (Foto Dok Industry.co.id)
Pesta Kesenian Kabupaten Kendal di TMII (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal akan mengawali momentum peringatan HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta ke 43 dengan menggelar pementasan Duta Seni di Anjungan Jawa Tengah,TMII Jakarta sebagai sarana promosi Pariwisata Kendal.

Sekertaris Daerah Kabupaten Kendal Moch Toha dalam jumpa pers Senin (9/4/2018)  menyampaikan agenda kegiatan di TMII seperti:Pentas Duta Seni Tradisional Srandul yang menyajikan Kisah Misteri Tokoh Kyai Kandil Wesi dipadukan dengan kesenian kreasi modrn.Pameran Potensi dan Produk Unggulan Daerah dan Bazar Kuliner Khas Kendal bersama Pelaku UMKM Kabupaten Kendal.

Promosi produk unggulan dan bazar kuliner akan disajikan oleh masing-masing dinas yang membidangi akan dibuka Bupati Kendal Dr.Mirna Annisa, Msi didampingi ketua DPRD H. Prapto Utono dan rombongan anggota dewan.

Kegiatan di TMII Jakarta yang direncanakan digelar pada tanggal 14 April 2018,kata Moch Toha,sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Kendal yang melibatkan OPD Pelaku UMKM Kabupaten Kendal, Steakholder dan Paguyuban Keluarga Kendal (PAKEN) yang bekerja atau menjadi orang sukses di Jakarta.

Adapun pentas seni di TMII Jakarta tahun ini akan mengangkat seni tradisional bernama Srandil dan Srandil adalah jenis kesenian pertunjukan yang dipentaskan di berbagai moment,seperti upacara tradisi atau moment lain.Kesenian ini banyak dijumpai di Kabupaten Kendal Atas yaiti di kecamatan Singorojo dan Limbangan.

Dengan bertambahnya usia para senima,kini tinggal beberapa kelompok kesenian Srandil yang masih bertahan.Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kendal berupaya melestarikan kesenian tradisional ini dengan mengangkat kembali dan mengembangkanya sekaligus mengkolaborasikan dengan unsur kesenian modern.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sutradara Livi Zheng (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 16:00 WIB

Sutradara Livi Zheng Sedih

Ternyata musik dari gamelan Bali sudah banyak dimanfaatkan untuk menghiasi film produksi Hollywood. Salah satunya Avatar, namun banyak penonton film di mancanegara tidak tahu kalau musik gamelan…

DFSK Indonesia Donasikan Super Cab

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:40 WIB

DFSK Mudahkan Konsumen Miliki Super Cab Dengan Cicilan Mulai Rp100 Ribu Perhari

Pikap produksi Cikande, Serang, Banten ini hadir dengan kombinasi tenaganya yang kuat, muatan lebih banyak, tangguh, dan sangat terjangkau oleh kantong konsumen.

Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:31 WIB

Kementerian PUPR Resmikan Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah menyelesaikan pembangunan Rusunawa yang diperuntukan bagi Aparatur Sipil Negara…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:08 WIB

Menteri PUPR Targetkan Renovasi Masjid Istiqlal Rampung Maret 2020

Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindaklanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018 lalu.

Semen Indonesia (Agung Parameswara/Getty Images)

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:06 WIB

Semen China Masuk, Industri Semen Dalam Negeri Terancam

Jakarta - Masuknya semen dari merek prinsipal China yang diproduksi di dalam negeri ke pasaran Indonesia menimbulkan pro kontra. Pasalnya semen asal china dijual dengan harga yang lebih murah…