Sutradara Ghibli Isao Takahata Tutup Usia Usia 82

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 07 April 2018 - 15:22 WIB

Sutradara Ghibli Isao Takahata (Foto Dok Industry.co.id)
Sutradara Ghibli Isao Takahata (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sutradara anime peraih nominasi Oscar, Isao Takahata, yang ikut mendirikan Studio Ghibli dan dikenal lewat karyanya "Grave of the Fireflies" tutup usia pada 82 tahun, seperti dilaporkan media setempat, Jumat (6/4/2018)

Mengutip sumber anonim yang berhubungan dengannya, NHK mengatakan dia meninggal di rumah sakit Tokyo setelah kondisi kesehatannya memburuk akhir-akhir ini. Informasi ini belum bisa segera dikonfirmasi.

Film terbaru Takahata, "The Tale of the Princess Kaguya," membuatnya mendapatkan nominasi Oscar pada 2014 untuk film animasi terbaik.

Dikutip AFP, film itu juga terpilih di Directors’ Fortnight Festival Film Cannes 2014.

Meski demikian, sebagian besar orang menganggap film "Grave of the Fireflies" (1988) tentang dua anak yatim selama Perang Dunia II adalah karya terbaiknya.

Lahir di Prefektur Mie, Takahata memulai karir di dunia animasi di studio Toei pada 1959, tempatnya bertemu kolaborator sekaligus rival jangka panjang Hayao Miyazaki.

Keduanya mendirikan studio animasi Ghibli pada 1985 yang menghasilkan beberapa film laris.

Pasangan itu sering dideskripsikan media sebagai teman sekaligus saingan.

Selama karirnya yang panjang, Takhata telah memproduksi sekitar 20 film, termasuk “Only Yesterday” (1991) and “Pom Poko” (1994).

Dia juga memproduksi film yang disutradarai Miyazaki,  “Kaze no Tani no Naushika” (“The Valley of the Wind”) pada 1984, petualangan fiksi ilmiah yang menjelaskan hubungan antara alam dan manusia.

Dia juga dikenal membuat serial animasi “Alps no Shojo Heidi” (“Heidi, Girl of the Alps”) dan “Lupin Sansei” (“Lupin the Third”).

Takahata juga berkecimpung di dunia politik, bekerja sama dengan sekitar 250 selebritas film lainnya, dalam sebuah petisi menentang hukum rahasia negara yang kontroversial pada 2013. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

Jumat, 19 April 2019 - 13:00 WIB

Aparat Keamanan akan Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketetertiban Masyarakat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban. Apalagi, bila upaya itu dilakukan…

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:19 WIB

Tetap Waspada, Potensi Hujan Lebat Masih akan Terjadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan release peringatan dini cuaca terbaru mulai Kamis (18/4/2019) sampai 2 hari kedepan (20/4/2019). Berdasarkan pengamatan BMKG,…