Kawasan Industri Pekalongan Fokus Industri Tekstil dan Pemintalan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 19:16 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Pemerintah tengah mengkaji pembangunan Kawasan Industri Siwalan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dengan fokus klaster industri tekstil dan sarung pemintalan.

"Kawasan Industri Siwalan akan berlokasi di Kecamatan Siwalan dan Wonokerto dengan luas 1.200 hektare. Saat ini, realisasi kawasan masih dalam tahap revisi rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) yang sudah dilakukan sejak 2016," kata Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Imam Haryono kepada Imq di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Imam menyatakan, sudah terdapat lima industri tekstil yang sudah beroperasi dengan luas 50 hektare, di antaranya PT Pisma Putratex, PT Duniatex, PT Ratnajayatex, dan PT Lokatex.

"Sudah ada penjajakan investor dari Korea Selatan, selain itu ada dua pabrik yang sedang dibangun dengan estimasi penyerapan tenaga kerja diperkirakan mencapai 3.924 orang. Hyundai dan Mitsubishi juga melakukan survei ke wilayah tersebut," papar dia.

Pembangunan kawasan industri di Kabupaten Pekalongan, lanjut Imam, akan didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas karena di dukung oleh Akademi Komunitas jurusan tekstil.

"Kami harapkan kawasan industri yang baru lebih baik dari sebelumnya. Kawasan Industri Siwalan harus lebih baik dari yang di Kendal," ujar Imam.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ICAEW Indonesia Business Challenge 2018

Rabu, 24 April 2019 - 12:30 WIB

Tim Indonesia Siap Bersaing di ICAEW China dan South-East Asia Business Challenge 2019

Dua tim pemenang dari enam tim gabungan, Universitas Indonesia dan tim Airlangga Consulting Group, Universitas Airlangga siap berkompetisi dengan universitas lain di Asia Tenggara.

Pintaria

Rabu, 24 April 2019 - 12:02 WIB

Kuliah Online dengan Metode Blended Learning Menjadi Solusi Bagi Karyawan

Metode kuliah blended learning semakin digemari karena melibatkan komponen kuliah online yang fleksibel bagi mahasiswa berstatus karyawan.

Wisata Kapal Layar (Foto ist)

Rabu, 24 April 2019 - 12:00 WIB

Sabang Marine Festival Dimeriahkan Kehadiran 23 Kapal Layar

Sebanyak 23 kapal layar atau yacht dari berbagai negara di Asia, Eropa hingga Afrika akan hadir memeriahkan kegiatan Sabang Marine Festival (SMF) pada 26-30 April 2019 di Sabang, Provinsi Aceh.

Bendungan Raknamo

Rabu, 24 April 2019 - 11:44 WIB

Pembangunan Bendungan Napun Gete di NTT Capai 63 Persen

Setelah menyelesaikan pembangunan dua bendungan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni Raknamo dan Rotiklot, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyelesaikan…

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 24 April 2019 - 10:00 WIB

119 Petugas KPPS Meninggal Tersebar di 25 Provinsi

Komisi Pemilihan Umum menyatakan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang meninggal saat menjalankan tugas bertambah menjadi 119 orang yang tersebar di 25 provinsi se-Indonesia.