Harga Tomat di Kab Karo Membaik

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 07 April 2018 - 06:30 WIB

Harga Tomat di Kab Karo membaik
Harga Tomat di Kab Karo membaik

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Harga tomat di Kabupaten Karo kini  mencapa Rpi 1500-1800  di petani dan Rp 3000-4000 perkilogram di pasar. Sentra tomat dan cabai  Kabupaten Karo berada di Kecamatan Dolat Rayat, Berastagi, Merdeka, Simpangempat, Merek, Barusjahe,  Kabanjahe, dan Tigapanah.

Licinius, petani champion di Kabupaten Karo,  yang beralamat di Desa Bukit Kecamatan Dolat Rayat memgatakan "ya umumnya  tomat itu tumpangsari dengan cabai keriting atau jeruk"

"Jadi  karena  tomat  tumpangsari dengan tanaman lain,  tidak terpengaruh harga, karena bisa mengandalkan hasil tani lainnya" ujarnya.

Ya saran saya sih untuk stabilisasi harga tomat  itu ya perlu, pertama pengaturan tanam antar wilayah, jangan latah tanam bareng bareng, kedua  pola tanam antar waktu agar disepakati, biasanya tanam puncak  pada  bulan Juli sampai September".

Licinius yakin "saya optimis tuh ketersediaan cabai dan tomat di Karo, menjelang puasa dan lebaran 2018 dalam kondisi aman, cukup dn stabil"

Kami siap untuk mengawal dan menerapkan pengaturan pola tanam tomat dan cabe serta minta dinas melatih cara pasca panen dan pengolahan tomat menjadi produk bernilai tinggi" pintanya

Menurut Sebayang Adison, Kepala Bidang Hortikultur Kabupaten Karo, "berdasar data tanaman, disini akan panen tomat April 450 hektare dan Mei 425 hektare".  "Sementara itu untuk cabai akan   dipanen  April 950 hektare dan Mei 1.115 hektar" jelasnya.

"Ya panen luas karena Karo kan  sentranya tomat dan sayuran yang menyuplai Sumatera Utara dan Batam bahkan luar negeri. ya untuk pasarnya sih  baik dan lancar" terangnya.

"Rata rata produktivitas tomat 30-35 ton perhekare setara  17 ribu pohon dengan varietas dokter benih, aura dan klous" ungkapnya

"Untuk tanaman cabai disini  tingginya bisa 1 - 1.5 meter  berumur bisa 1.5 sampai 2  tahun. Produktivitasnya 3-4 kg pepohon atau 40 ton perhektare dengan kerapatan 17 ribu pohon perhektare. Harga cabai disini lagi bagus" pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.