Peningkatan Permintaan Dorong Kenaikan Harga CPO pada Pekan ini

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 03 April 2018 - 13:15 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) pada perdagangan Senin (02/04/2018) kemarin ditutup menguat ke posisi RM2.458 per ton. Kenaikan harga CPO tersebut didukung oleh peningkatan permintaan, yang terutama dari berbagai korporasi.

“Tingginya peningkatan permintaan CPO karena para pelaku pasar memanfaatkan momentum sebelum berakhirnya penangguhan pajak ekspor Malaysia berakhir pada pekan ini dan tingginya permintaan CPO dari Timur Tengah menjelang Ramadhan,” ujar Arie Nurhadi, analis riset PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Selasa (03/04/2018).

Arie mengemukakan, harga CPO hari ini ditransaksikan pada harga RM2.461 per ton akibat melemahnya kurs Ringgit Malaysia (RM) terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pelemahan kurs RM terhada dolar AS itu disebabkan oleh munculnya perang dagang antara Amerika dan Cina pasca kedua negara tersebut menerapkan berbagai kebijakan perdagangan.

“Harga CPO hari ini berpotensi menguat ke posisi RM2.472. Jika harga tersebut tercapai, maka harga CPO Malaysia tersebut berpotensi mencapai level RM2.501 per ton. Akan tetapi, harga tersebut harus diwaspadai karena memiliki kemungkinan akan tergerus hingga RM2.384. Jika harga tersebut tercapai, maka harga CPO Malaysia itu berkemungkinan mencapai RM2.349 per ton,” pungkas Arie. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:15 WIB

Erick Thohir Sebut Ekonomi Nasional Baru Akan Pulih 100% di 2022

Ekonomi nasional diperkirakan baru akan pulih 100 persen pada tahun 2022 mendatang. Pasalnya, sektor dunia usaha baru akan pulih pada kuartal I/2020. Namun, itu tergantung dengan jenis bisnisnya.

Salah Satu Nasabah Menerima Pencairan Dana Melalui LinkAja

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:15 WIB

Canggih...PNM Berkolaborasi dengan LinkAja Luncurkan Pilot Project PNM Mekaar Berbasis Digital

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkolaborasi dengan LinkAja meluncurkan pilot project PNM Mekaar berbasis digital di Pasar Minggu, Jakarta pada Rabu (8/7). Pilot project berupa…

Aston Inn Pandanaran Semarang Mengadakan Rapid Test Bagi Karyawan

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:00 WIB

Aston Inn Pandanaran Semarang Mengadakan Rapid Test Bagi Karyawan

Ditengah kondisi pandemik ini pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah asset utama dalam mempertahan kesehatan yang optimal selain di butuhkan kondisi yang fit, olah raga teratur…

Brawijaya Clinic Bandung

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:58 WIB

Lengkapi Pelayan Kesehatan Terintegrasi, Brawijaya Clinic Bandung Tambah Klinik Persalinan Baru

Klinik Persalinan/Maternity Clinic ini menjadi bagian dari pelayanan kesehatan yang terintegrasi di Brawijaya Clinic Bandung.

Fahira Idris

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:45 WIB

Fahira Idris DukungVonis Hukuman Seumur Hidup Bagi Pelaku Dugaan Pelecehan Sex

Anggota DPD RI yang juga pemerhati persoalan anak Fahira Idris geram mendengar terjadinya dugaan kejahatan seksual (perkosaan) yang dilakukan Pejabat UPT UPT Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan…