Harga Minyak Mentah Global Diprediksi Bakal Tetap di Bawah US$70 per Barel

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 03 April 2018 - 11:30 WIB

Kilang Minyak (Ilustrasi)
Kilang Minyak (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Harga minyak mentah di pasar global diperkirakan bakal tetap di bawah US$70 per barel hingga 2019 mendatang. Itu karena berlanjutnya pasokan yang melimpah di pasaran minyak dunia.

Dalam catatan risetnya, Selasa (03/04/2018), tim analis Indo Premier Sekuritas, menjelaskan, pendapat tersebut dikemukakan untuk merespon berbagai data dan perkembangan kebijakan perminyakan global.

Seperti diketahui, volume produksi minyak Rusia pada Maret 2018 meningkat menjadi 10,97 juta barel per hari (bph) meski ada kesepakatan pembatasan produksi dengan OPEC. Pada Februari 2018, volume produksi minyak negeri tirai besi itu tercatat 10,95 juta bph.

Seiring dengan hal tersebut, seperti yang dilaporkan CNBC, Arab Saudi sebagai eksportir minyak mentah terbesar diprediksi akan memangkas harga semua jenis minyak yang dijual di Asia pada Mei mendatang, seiring dengan penurunan harga acuan minyak mentah Dubai.

Sementara itu, Irak sebagai produsen kedua terbesar OPEC juga memproduksi minyak mentah yang melebihi kesepakatan, yaitu 5 juta bph pada awal 2018 dibandingkan sebanyak 4,4 juta bph seperti yang disepakati oleh OPEC.

Bahkan, Senin kemarin, parlemen Irak berencana menaikkan kapasitas produksi menjadi 6,5 juta bph pada 2022. Karena itu, harga minyak mentah globak akan tetap berada di bawah US$70 per barel pada 2018-2019 akibat melimpahnya pasokan. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kesehatan perempuan dan anak. (Foto: WHO)

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:18 WIB

Duh Mengerikan! Kemenkes Temukan 18 Orang Dugaan Kasus Hepatitis Akut

Jakarta-Kementerian Kesehatan melaporkan telah menemukan dugaan kasus Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya kepada 18 orang.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:10 WIB

Menteri Teten Identifikasi Koperasi yang Siap Produksi Minyak Goreng

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki terus mengidentifikasi koperasi-koperasi yang memungkinkan untuk memproduksi minyak goreng sehingga setidaknya bisa memberikan alternatif pasokan…

Juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:08 WIB

Maudy Ayunda Beberkan Tiga Isu Transisi Energi yang Bakal Diangkat dalam Presidensi G20 Indonesia

Sebagai salah satu isu prioritas Presidensi G20 Indonesia, pemerintah menyoroti dampak perubahan iklim yang diakibatkan oleh sektor energi yang relevan dalam keseharian masyarakat.

Pakaian Tradisional Jepang, Yukata dan Kimono (Foto: saibumi.com)

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:00 WIB

Jepang Pertimbangkan Buka Kunjungan Wisatawan Pada Juni 2022

Pandemi dua tahun ini membuat Jepang menutup perbatasannya untuk wisatawan asing. Tetapi, baru-baru ini Jepang telah dibuka pada April untuk beberapa penduduk luar negeri misalnya, pelancong…

Juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:55 WIB

Jubir G20 Maudy Ayunda Ungkap Pentingnya Ekosistem Kendaraan Listrik

Penggunaan kendaraan listrik dan infrastruktur pengisian baterai bahkan mendai keseriusan pemerintah dalam menjalankan transisi energi berkelanjutan dan berkesibambungan.