Kadin Dorong Investasi Taiwan Terus Bertambah di Kawasan Indonesia Timur

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 30 Maret 2018 - 20:18 WIB

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Taiwan External Trade Development Council, di President Lounge, Menara Batavia, Jumat (30/3/2018)-dok INDUSTRY.co.id
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Taiwan External Trade Development Council, di President Lounge, Menara Batavia, Jumat (30/3/2018)-dok INDUSTRY.co.id

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Taiwan sedang menerapkan kebijakan New Southbound Policy, kebijakan strategi ekonomi dan perdagangan yang mempertajam peran penting terhadap pembangunan negara-negara di wilayah ASEAN dan Asia Selatan.

Peluang tersebut ditangkap oleh Ketua Kadin Komite Taiwan S.D. Darmono untuk bekerjasama pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Morotai. Menurutnya, letak Pulau Morotai sangat strategis sebagai pintu gerbang Indonesia dari arah timur.

Kalau tidak strategis, tidak mungkin Jendral McArthur menggunakannya sebagai pangkalan militer pada perang dunia ke-2, ujar dia dalam MoU Kadin dengan Taiwan External Trade Development Council , Jumat (30/3/2018).

Darmono juga menambahkan, Namun kita tetap memulai kerjasama ini dari Jakarta. Untuk memberikan pengertian kepada pebisnis-pebisnis lain agar memahami mimpi ini.paparnya.

Sedangkan Ceo TAITRA, Walter M.S Yeh menjelaskan bahwa tahun 2017 merupakan tahun yang baik bagi Taiwan. Perdagangan bilateral Indonesia dan Taiwan di tahun 2017 meningkat 8 juta US Dollar atau sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya. Dan investasi Taiwan ke Indonesia meningkat 166 persen ditahun itu, ungkapnya.

Walter menyebutkan, Semua itu menunjukkan bahwa Indonesia dan Taiwan memiliki prospek kerjasama yang menjanjikan.

TAITRA akan mendukung segala bentuk kerjasama yang diajukan KADIN, ungkapnya.

Di tempat yang sama, Shinta memaparkan, Kita membutuhkan investasi asing langsung di Indonesia untuk membangun kerjasama dengan negara lain, termasuk Taiwan.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia juga memperhatikan hal ini dengan sangat serius. Hal tersebut dibuktikan dengan diterbitkan revisi peraturan-peraturan dan paket-paket kebijakan yang mendukung investasi dan kerjasama luar negeri.

Acara penandatanganan tersebut, diwakili oleh CEO TAITRA Walter M.S. Yeh dan Ketua Kadin Indonesia Komite Taiwan S.D. Darmono. Dan dihadiri oleh Chairman TAITRA James C.F. Huang, Wakil Menteri Kementerian Taiwan Bidang Ekonomi Wang Meihua, Wakil Ketua Kadin Indonesia Komite Taiwan Rini Lestari, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani dan Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Robert James Bintaryo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…