Menperin Dukung Industri Busana Muslim di IFW 2018

Oleh : Ridwan | Rabu, 28 Maret 2018 - 16:50 WIB

Menperin Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla (Foto: Humas)
Menperin Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla (Foto: Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pada perhelatan Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 terdapat satu aula khusus yang memamerkan mode pakaian muslim produksi anak bangsa.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengapresiasi Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) selaku penggagas acara tersebut.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada APPMI, karena pada event pameran ini terdapat saty hall khusus untuk fesyen muslim. Hal ini tentu sebagai salah satu bentuk upaya dari APPMI untuk turut serta dalam mewujudkan Indonesia menjadi kiblat fesyen muslim dunia, “kata Airlangga melalui keterangannya di Jakarta, Rabu (28/3/2018)

Airlangga juga mengapresiasi bahwa asosiasi yang diketuai Poppy Darsono tersebut konsisten mengembangkan industri mode nasional dengan menggelar pekan mode IFW, di mana Kemenperin memfasilitasi perhelatan tersebut untuk pertama kalinya pada sekitar tujuh tahun lalu.

“Saya mengapresiasi APPMI yang telah konsisten memasuki tahun ke-7 menyelenggarakan IFW," kata Airlangga.

Dalam perhelatan ini, Kemenperin memfasilitasi sebanyak 18 stan industri kecil dan menengah yang merupakan binaan Ditjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Ditjen  Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) yang terdiri dari industri fesyen, kain tenun, aksesoris, dan alas kaki.

Pada IFW tahun 2018 ini tema yang diangkat adalah Cultural Identity. Identitas budaya yang terdapat pada kain-kain nusantara seperti batik dan tenun menjadi bagian dari produk fesyen yang menjadi ciri khas fesyen Indonesia.

“Padu padan etnik lokal menjadikan produk fesyen yang dihasilkan memiliki nilai ekonomi tinggi, sehingga meningkatkan value added yang diperoleh sektor industri fesyen nasional, “tutur Airlangga.

Airlangga menyebut Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia sangat berpotensi menguasai industri fesyen muslim dunia.

Indonesia juga merupakan satu dari lima besar negara anggota Organisasi Kerjasama negara Islam (OKI) sebagai pengekspor fesyen muslim terbesar di dunia, setelah Bangladesh, Turki, Maroko, dan Pakistan.

Sehingga, sangat layak bagi Indonesia untuk dapat menjadi kiblat fesyen muslim di dunia pada tahun 2020

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bali United (Ist)

Selasa, 07 Juli 2020 - 17:00 WIB

Puluhan Ribu Masker Donasi Bali United untuk Kabupaten Tabanan

Kabar gembira untuk pecinta sepak bola Indonesia, terutama tim asal pulau dewata, Bali United. Melalui langkah serius manajemen tim Serdadu Tridatu, Kabupaten Tabanan menjadi lokasi Pemerintahan…

vivo X50 Series

Selasa, 07 Juli 2020 - 16:43 WIB

vivo X50 Series Sudah Bisa di Pesan Mulai Hari ini  

Official TVC vivo X50 Series memperlihatkan rangkaian fitur dan teknologi dari professional photography flagship smartphone pertama vivo Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di sela kunjungan kerjanya mendampingi Presiden Joko Widodo pada agenda meninjau Kawasan Industri Batang

Selasa, 07 Juli 2020 - 16:40 WIB

Rayu Investor Kelas Kakap, Kemenperin Siapkan Kawasan Industri Terpadu

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus menyiapkan sejumlah kawasan industri terpadu (KIT) yang akan dilengkapi dengan infrastruktur penunjang untuk kegiatan bisnis baru.

Ban Hankook

Selasa, 07 Juli 2020 - 16:30 WIB

Hankook Tire Raih Penghargaan Pemasok Terbaik Tahun 2019 Dari General Motors

Ajang ini merupakan wujud apresiasi atas kinerja para mitra supplier General Motors sepanjang tahun 2019.

Lionel Messi (Foto Dok Goal)

Selasa, 07 Juli 2020 - 16:30 WIB

Lionel Messi akan Tinggalkan Barcelona?

Kapten Barcelona Lionel Messi membatalkan negosiasi terkait perpanjangan kontraknya dengan klub tersebut. Messi siap meninggalkan Catalan ketika kontraknya berakhir pada 2021, menurut laporan…