Kertas Indonesia Populer dan Kompetitif di Timur Tengah

Oleh : Herry Barus | Rabu, 18 Januari 2017 - 16:56 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Produk kertas dan bubur kertas dari Indonesia yang dibuat oleh perusahaan APP Sinar Mas Indonesia semakin populer di sejumlah kawasan seperti Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika, karena produk Indonesia yang berkualitas dan kompetitif.

"Produk APP Sinar Mas Indonesia, khususnya wood free dan ppc memiliki kualitas yang sangat bagus dibandingkan dengan produk lain di pasaran. Hal ini merupakan kebanggan tersendiri bagi kami," kata Global Communication Director Asia Pulp & Paper Sinar Mas, Tan Ui Sian, dalam rilisnya, Rabu (18/1/2017).

Menurut Tan Ui San, peningkatan penjualan di kawasan Timur Tengah terjadi karena tingginya permintaan dari konsumen lokal di negara-negara tersebut yang menyukai produk Indonesia.

Saat ini, ujar dia, produk yang memiliki tingkat penjualan paling tinggi di wilayah Timur Tengah adalah "uncoated paper" atau kertas cetak tak berlapis.

Selain itu, jenis "woodfree" atau kertas berkualitas tinggi dari APP Sinar Mas Indonesia juga dapat mencapai 60 persen pangsa pasar di Arab Saudi.

Sedangkan di wilayah Asia Selatan dan Afrika, peningkatan penjualan yang signifikan disebabkan adanya perbaikan saluran distribusi yang ternyata berpencaruh cukup besar.

Di wilayah Asia Selatan, volume penjualan yang tinggi adalah untuk produk "coated" atau kertas cetak lapis seperti art paper, art board, cast coated, dan kertas nirkarbon, dengan pangsa pasar hampir 40 persen di India.

Di India, Pakistan dan Bangladesh sebagai kontributor volume penjualan yang cukup tinggi untuk produk kertas fotokopi dan kertas cetak lapis.

Sementara itu, penjualan produk di wilayah Afrika mencapai angka rata-rata, dengan volume penjualan yang sama di semua unit bisnis yang terdapat di benua tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi bagi negara-negara yang berkontribusi besar terhadap tingkat penjualan APP Sinar Mas Indonesia, perusahaan tersebut juga menggelar acara APP Gold Partner 2017 yang digelar di Hotel Hilton Sukhumvit, Bangkok, 13 - 15 Januari 2017.

Tahun ini APP Sinar Mas mengundang 40 perusahaan dari ketiga wilayah tersebut (Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika).

Sebagai rencana ke depan, APP Sinar Mas menargetkan untuk melakukan ekspansi produk ke negara-negara Asia Tengah seperti Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan hingga Uzbekistan.

APP Sinar mas juga akan berupaya untuk meningkatkan volume penjualan hingga 20-30 persen di wilayah Asia Selatan, Afrika dan Timur Tengah, dengan total prediksi penjualan yang akan melampaui kenaikan sebesar 100 persen dari tahun sebelumnya. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Sosial Juliari P. Batubara

Rabu, 08 April 2020 - 14:00 WIB

KPM PKH Terima Bansos Tiap Bulan Lindungi Diri dari Covid-19

Kementerian Sosial RI akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi setiap bulan, dari yang sebelumnya empat kali dalam setahun, untuk mengantisipasi dampak…

Xiaomi Store

Rabu, 08 April 2020 - 13:30 WIB

Xiaomi Luncurkan Solusi Belanja dan Perbaikan dari Rumah

Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) memperkenalkan dua layanan konsumen terbaru Mi Shop from Home dan Mi Service from Home.

Ilustrasi Pemudik Motor (Ist)

Rabu, 08 April 2020 - 13:14 WIB

Terkait Mudik Lebaran, Pemerintah Jangan Ambigu dan Inkonsisten

Wabah virus corona atau Covid-19, belum terlihat kapan akan berakhir. Bahkan yang terjadi korban positif bahkan meninggal dunia, makin eskalatif, data terakhir mencapai 2.700-an orang positif…

Anthony Pakar digital

Rabu, 08 April 2020 - 13:12 WIB

Pakar Digital Ini Sebut Pusat Data Terintegrasi Jadi Solusi Penanganan Corona

Pakar Digital Anthony Leong mengatakan, untuk mengambil keputusan penting perlu data valid dengan berbagai pemodelan statistik yang dilakukan. Salah satunya adalah dengan pendekatan big data…

Beberapa Ruas Tol Hutama Karya Mengalami Penurunan Trafik

Rabu, 08 April 2020 - 13:00 WIB

Beberapa Ruas Tol Hutama Karya Mengalami Penurunan Trafik

Semakin meluasnya penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) atau yang lebih dikenal dengan virus corona di Indonesia cukup berpengaruh pada kinerja operasional jalan tol yang dikelola oleh…