Kertas Indonesia Populer dan Kompetitif di Timur Tengah

Oleh : Herry Barus | Rabu, 18 Januari 2017 - 16:56 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Produk kertas dan bubur kertas dari Indonesia yang dibuat oleh perusahaan APP Sinar Mas Indonesia semakin populer di sejumlah kawasan seperti Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika, karena produk Indonesia yang berkualitas dan kompetitif.

"Produk APP Sinar Mas Indonesia, khususnya wood free dan ppc memiliki kualitas yang sangat bagus dibandingkan dengan produk lain di pasaran. Hal ini merupakan kebanggan tersendiri bagi kami," kata Global Communication Director Asia Pulp & Paper Sinar Mas, Tan Ui Sian, dalam rilisnya, Rabu (18/1/2017).

Menurut Tan Ui San, peningkatan penjualan di kawasan Timur Tengah terjadi karena tingginya permintaan dari konsumen lokal di negara-negara tersebut yang menyukai produk Indonesia.

Saat ini, ujar dia, produk yang memiliki tingkat penjualan paling tinggi di wilayah Timur Tengah adalah "uncoated paper" atau kertas cetak tak berlapis.

Selain itu, jenis "woodfree" atau kertas berkualitas tinggi dari APP Sinar Mas Indonesia juga dapat mencapai 60 persen pangsa pasar di Arab Saudi.

Sedangkan di wilayah Asia Selatan dan Afrika, peningkatan penjualan yang signifikan disebabkan adanya perbaikan saluran distribusi yang ternyata berpencaruh cukup besar.

Di wilayah Asia Selatan, volume penjualan yang tinggi adalah untuk produk "coated" atau kertas cetak lapis seperti art paper, art board, cast coated, dan kertas nirkarbon, dengan pangsa pasar hampir 40 persen di India.

Di India, Pakistan dan Bangladesh sebagai kontributor volume penjualan yang cukup tinggi untuk produk kertas fotokopi dan kertas cetak lapis.

Sementara itu, penjualan produk di wilayah Afrika mencapai angka rata-rata, dengan volume penjualan yang sama di semua unit bisnis yang terdapat di benua tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi bagi negara-negara yang berkontribusi besar terhadap tingkat penjualan APP Sinar Mas Indonesia, perusahaan tersebut juga menggelar acara APP Gold Partner 2017 yang digelar di Hotel Hilton Sukhumvit, Bangkok, 13 - 15 Januari 2017.

Tahun ini APP Sinar Mas mengundang 40 perusahaan dari ketiga wilayah tersebut (Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika).

Sebagai rencana ke depan, APP Sinar Mas menargetkan untuk melakukan ekspansi produk ke negara-negara Asia Tengah seperti Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan hingga Uzbekistan.

APP Sinar mas juga akan berupaya untuk meningkatkan volume penjualan hingga 20-30 persen di wilayah Asia Selatan, Afrika dan Timur Tengah, dengan total prediksi penjualan yang akan melampaui kenaikan sebesar 100 persen dari tahun sebelumnya. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:16 WIB

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Untuk pertama kalinya B20 Sustainability 4.0 Awards digelar untuk meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia. Penghargaan ini diharapkan dapat memperkuat…

Panglima Langit

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:00 WIB

Demi Wujudkan Tujuan Mulia, Panglima Langit akan Menjual 3 Mobil Koleksinya untuk Membangun Masjid

Panglima Langit, ahli penyembuhan alternatif menyatakan tekadnya untuk membangun masjid impiannya empat tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan pria ganteng asal Aceh ini saat bincang dengan…

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…