Inalum Terus Pacu BUMN Tambang Kuasai 100 Persen Cadangan Mineral Strategis

Oleh : Ridwan | Minggu, 18 Maret 2018 - 07:43 WIB

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)
PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)

INDUSTRY.co.id -Pangkalpinang, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) terus melakukan upaya mendorong Badan Usaha Milik Negara pertambangan untuk menguasai seluruh cadangan mineral strategis.

Hal ini diupayakan mengingat kiprah BUMN yang masih kecil dibandingkan swasta dan perusahaan asing di Indonesia.

"Kita melalui pendanaan mendukung penuh upaya BUMN pertambangan untuk menguasai 100 persen cadangan mineral strategis di negeri ini," kata Direktur Keuangan PT Inalum Persero Oggy Ahcmad Kosasih seperti dilansir dari Antara, kemarin.

Ia menjelaskan salah satu tujuan pembentukan induk usaha (holding) BUMN pertambangan yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk dan PT Timah Tbk yaitu untuk menguasai cadangan mineral strategis.

"Mudah-mudahan dengan adanya holding ini dapat memberikan sumbangsih yang paling baik yang signifikan kepada BUMN pertambangan ini," katanya.

Oggy mengatakan saat ini cadangan mineral strategis di Indonesia masih didominasi perusahaan swasta nasional dan asing.

"Saat ini kiprah BUMN pertambangan menguasai cadangan mineral ini masih kecil dibandingkan perusahaan swasta di Indonesia," katanya.

Untuk itu, PT Inalum akan mendukung upaya-upaya yang dilakukan BUMN pertambangan dalam rangka menguasai cadangan mineral strategis ini.

"Kami berharap melalui kegiatan ini memberikan rekomendasi yang baik, sehingga apa yang menjadi tujuan pembentukkan holding ini terealisasi dengan baik," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:59 WIB

Kualitas dan Harga Jagung Lokal Lebih Bagus

Jakarta - Pengamat Ekonomi Politik Pertanian Universitas Trilogi, Muhamad Karim menilai harga jagung lokal lebih bagus dibandingkan harga jagung impor adalah wajar. Pasalnya, saat ini jagung…

Sarang burung walet (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:57 WIB

Kementan Kawal Ekspor Sarang Burung Walet Jateng

Semarang - Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mengajak para pelaku usaha sarang burung walet (SBW) di Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas produksinya agar dapat mengambil peluang…

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…