GFK: Industri Smartphone Indonesia Meningkat Dalam Dua Tahun Terakhir

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 Maret 2018 - 10:04 WIB

Pabrik Vivo Mobile Indonesia di Cikupa (Ist)
Pabrik Vivo Mobile Indonesia di Cikupa (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri smartphone Indonesia terus meningkat dalam 2 tahun terakhir. GFK, perusahaan riset konsumen asal Jerman dalam riset pada tahun 2017 mencatat, 8 juta smartphone terjualpada kuartal 1-2017 lalu, atau meningkat 19% dibanding kuartal 1-2016.

Geliat manufaktur yang menjadikan tanah air bukan hanya sebagai sasaran distribusi namun juga basis produksi, mendorong perkembangan sektor telekomunikasi yang positif dan diprediksi meningkatkan posisi Indonesia sebagai negara pengguna smartphone terbesar secara global.

Menurut GFK, tumbuhnya segmen mid-level atau smartphone kelas menengah secara value di Indonesia (Rp 2 juta - Rp 5.5 juta) hingga 33.5% dalam kuartal 1-2017, dibandingkan kuartal 1-2016, memberikontribusi besar untuk pertumbuhan nilai penjualan.

Sebelumnya, lembaga riset e-Marketer telah melaporkan pengguna aktif smartphone di Indonesia akan tumbuh hampir dua kali lipat dari 55 juta pada tahun 2015, menjadi 100 juta orang tahun 2018.

E-Marketers pun memprediksi, pasar mid-level akan terus berkembang dengan meningkatnya jumlah pengguna smartphone di Indonesia.

Memenuhi Kebutuhan Pasar di Segmen Potensial Sejalandengan pertumbuhan pasar smartphone di Indonesia, brand smartphone asal Tiongkok juga menunjukkan data penjualan yang sangat baik pada tahun lalu.

Berdasarkan laporan GFK, smartphone asal Tiongkok mengambil 46% market share dengan 3.7 juta unit terjual pada kuartal 1-2017.

Jumlah ini meningkat signifikan hingga 57% jika dibandingkan periode yang sama pada 2016. NewleyPurnell, Tech Analyst dari publikasi Wall Street Journal menyatakan, konsumen smartphone di Asia Tenggara, seperti India dan Indonesia, lebih memilih produk smartphone yang menawarkan harga yang lebih variatif dengan fitur-fitur high-end.

Dengan permintaan tinggi untuk fitur pada kamera, desain, sertakapasitas baterai dan penyimpanan; brand smartphone asal Tiongkok yang kontinu menghadirkan inovasi untuk rangkaian fitur tersebut dalam beberapa tahun terakhir, semakin berjaya di market Asia Tenggara yang terus berkembang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Melalui Sertifikasi B Corp, Xurya menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, baik dalam aspek lingkungan maupun sosial.

Senin, 29 April 2024 - 21:56 WIB

Perusahaan Energi Terbarukan Indonesia, Xurya, Raih Sertifikasi B Corp

Menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, Xurya menjadi salah satu pionir perusahaan energi terbarukan di Indonesia yang Tersertifikasi B Corp.

 PAPDI Umumkan Pembaruan Rekomendasi Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024

Senin, 29 April 2024 - 21:00 WIB

PAPDI Perbarui Rekomendasi Vaksin Dewasa Dengan Menambahkan PCV15

Selain diberikan kepada bayi dan anak-anak, vaksin PCV15 juga telah disetujui oleh BPOM untuk diberikan kepada dewasa guna memberikan perlindungan terhadap 15 serotipe bakteri pneumokokus.

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Lindungi Hak Pekerja dalam Bisnis'. (FMB9)

Senin, 29 April 2024 - 20:40 WIB

Perpres 60/2023, Pemerintah Dorong Bisnis Ramah HAM & Kesejahteraan Pekerja

Jakarta, FMB9 - Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia sebagai respons terhadap kebutuhan akan perlindungan…

Direksi BNI usai paparan kinerja

Senin, 29 April 2024 - 18:33 WIB

BNI Raih Laba Bersih Rp5,33 Triliun Kuartal I 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif dan berkelanjutan pada periode awal tahun 2024.

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…