Excellence Asia Inisiasi Pelatihan Berkelanjutan Bagi UMKM

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 07 Maret 2018 - 09:33 WIB

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)
Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan rintisan binaan dari IDX Incubator, Excellence Asia menginisiasi program pelatihan berkelanjutan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia agar dapat lebih berkembang.

"Kami menginisiasi program untuk UMKM, yakni Excelloka dalam rangka mendukung pemerintah meningkatkan kualitas UMKM agar mempercepat perkembangan bisnisnya," ujar CEO dan Co-Founder Excellence.asia Viktor Yanuar di Jakarta, Selasa (6/3/2018)

Ia menilai UMKM tidak hanya memiliki peran dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, tetapi juga penyerapan tenaga kerja. Pada periode 1997-1998, UMKM membuktikan tidak terpengaruh terhadap krisis.

Ia menyampaikan, berdasarkan data Bank Indonesia, UMKM memilii tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97 persen dari seluruh tenaga kerja nasional dan memiliki kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 57 persen. Jumlah UMKM pun mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Kendati demikian, lanjut dia, peningkatan UMKM dari sisi jumlah tidak diikuti dengan peningkatan kualitas, permasalahan yang dihadapi UMKM adalah seputar pembiayaan dan kurangnya kemampuan manajemen serta rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Melalui program Excelloka, UMKM akan mendapatkan pelatihan mulai dari pemasaran, penjualan, branding, pelayanan anggaran, hukum, administrasi, keuangan, akuntansi, pajak, operasional dan SDM," paparnya.

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hamdi Hassyarbaini mengatakan program excelloka diharapkan dapat meningkatkan kualitasnya sehingga memenuhi persyaratan untuk mencatatkan sahamnya di BEI.

"Kami berharap UMKM di Indonesia dapat mendominasi pasar saham, yang pada akhirnya memberi kontribusi lebih besar terhadap ekonomi domestik," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…