Excellence Asia Inisiasi Pelatihan Berkelanjutan Bagi UMKM

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 07 Maret 2018 - 09:33 WIB

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)
Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan rintisan binaan dari IDX Incubator, Excellence Asia menginisiasi program pelatihan berkelanjutan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia agar dapat lebih berkembang.

"Kami menginisiasi program untuk UMKM, yakni Excelloka dalam rangka mendukung pemerintah meningkatkan kualitas UMKM agar mempercepat perkembangan bisnisnya," ujar CEO dan Co-Founder Excellence.asia Viktor Yanuar di Jakarta, Selasa (6/3/2018)

Ia menilai UMKM tidak hanya memiliki peran dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, tetapi juga penyerapan tenaga kerja. Pada periode 1997-1998, UMKM membuktikan tidak terpengaruh terhadap krisis.

Ia menyampaikan, berdasarkan data Bank Indonesia, UMKM memilii tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97 persen dari seluruh tenaga kerja nasional dan memiliki kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 57 persen. Jumlah UMKM pun mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Kendati demikian, lanjut dia, peningkatan UMKM dari sisi jumlah tidak diikuti dengan peningkatan kualitas, permasalahan yang dihadapi UMKM adalah seputar pembiayaan dan kurangnya kemampuan manajemen serta rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Melalui program Excelloka, UMKM akan mendapatkan pelatihan mulai dari pemasaran, penjualan, branding, pelayanan anggaran, hukum, administrasi, keuangan, akuntansi, pajak, operasional dan SDM," paparnya.

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hamdi Hassyarbaini mengatakan program excelloka diharapkan dapat meningkatkan kualitasnya sehingga memenuhi persyaratan untuk mencatatkan sahamnya di BEI.

"Kami berharap UMKM di Indonesia dapat mendominasi pasar saham, yang pada akhirnya memberi kontribusi lebih besar terhadap ekonomi domestik," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri ESDM Ignasius Jonan (ist)

Kamis, 20 Juni 2019 - 12:14 WIB

Menteri Jonan Bantah Isu Kenaikan Tarif Listrik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akhirnya menanggapi isu kenaikan tarif dasar listrik mencuat di media soal di tengah berlangsungnya sidang Mahkamah Konstitusi (MK).…

Taman Impian Jaya Ancol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 Juni 2019 - 12:00 WIB

Enam Aktivitas Seru Masuk Taman Impian Jaya Ancol Gratis

Dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke-492, Ancol Taman Impian turut merayakan dengan memberlakukan masuk Ancol gratis khusus pada 21 Juni 2019. Kebijakan ini merupakan salah satu yang rutin…

Mentan Amran Sulaiman di Kebupaten Garut

Kamis, 20 Juni 2019 - 11:32 WIB

Indonesia Mencatat Surplus Perdagangan Pertanian Dengan Eropa

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui berbagai unit kerjanya terus melakukan berbagai upaya peningkatan produksi. Upaya itu antara lain dengan membuat program kerja dan trobosan…

OYO Hotels & Homes

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:30 WIB

Selama Ramadhan dan Libur Lebaran, OYO Catat Kenaikan Pesanan di Bandung Capai 540 Persen

Tercatat, selama Ramadan dan libur Lebaran 2019, OYO mengalami kenaikan pemesanan di Bandung mencapai 540% dibanding libur Natal dan Tahun Baru 2018.

BCA Mobile (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:00 WIB

BCA-Digitaraya Umumkan Delapan Startup Terpilih Program SYNRGY Accelerator

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai institusi perbankan swasta terbesar di Indonesia terus berinovasi menerapkan transformasi digital untuk turut memajukan ranah ekonomi digital di Indonesia.…