7 Maret 2018, Yuk! Wisata Belanja di Indonesia Craft Batik Gift Show

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 01 Maret 2018 - 13:54 WIB

Indonesia Craft Batik Gift Show (Foto Dije)
Indonesia Craft Batik Gift Show (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Berbagai produk batik dan kerajinan Indonesia, bakal dipamerkan pada event Indonesia Craft Batik Gift Show (ICBGS) yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada 7 hingga 15 Maret 2018.

Pameran ini merupakan sarana atau wisata belanja karena pameran ini menampilkan berbagai kerajinan dan batik Indonesia.

Menurut PIC 100 Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata, Tazbir mengatakan, Kemenpar memberi apresiasi penyelenggaraan pameran Indonesia Craft Batik Gift Show yang memasuki tahun kedua.

“Event pameran batik selain sebagai momentum untuk memasyarakat dan melestarikan batik yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dunia, juga akan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk melakukan wisata belanja,” kata Tazbir, di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Tazbir menjelaskan, pameran batik, craft, dan gift mempunyai arti penting dalam meningkatkan nilai ekonomi kreatif Indonesia di tingkat global, di mana daya saing ekonomi kreatif Indonesia saat ini menurut World Economic Forum (WEF) berada di ranking 34 dunia.

Sementara menurut John Simbi selaku ketua pelaksana mengungkapkan Pameran ICBGS 2018 akan dihadiri oleh dua peserta luar negeri yaitu Thailand dan Malaysia.

"Kenapa Kami hadirkan kedua negara tersebut karena sebagai pembanding, kedua negera tersebut memiliki produk unggulan pada gift (cendramata). Dan, Indonesia memiliki produk unggulan seperti cendramata, batik maupun produk lainnya.  Tetapi, kenapa kita kidak menampilkan Cina,  karena tentunya dikawatirkan produk mereka akan membajiri di Indonesia," jelasnya.

Event ICBGS 2018 akan menampilkan berbagai produk craft, batik, dan gift unggulan dari Nusantara dalam 200 stand pameran. Selama pameran berlangsung juga diselenggarakan fashion show, talkshow, costum and hair competition, workshop, serta pertunjukan musik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut IPCC Chiefy Adi Kusmargono saat peremian cafe di Tanjung Priok

Kamis, 25 April 2019 - 12:50 WIB

IPCC Kini Punya Cafe di Pelabuhan

Jakarta – PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk / IPC Car Terminal (IPCC) mempunyai kantin/kafe perdana yang bernuansa milenial dan instagramable di tengah hiruk pikuk area pelabuhan untuk para…

Ilustrasi angkatan muda Partai Golkar. (Romeo Gacad/AFP)

Kamis, 25 April 2019 - 11:55 WIB

Ini 5 Caleg Kaltim Berpotensi ke Senayan

Partai Golkar menduduki posisi teratas perolehan suara sementara pileg daerah pemilihan Kaltim tahun 2019.m

OPPO F11 Pro Avengers

Kamis, 25 April 2019 - 11:39 WIB

OPPO Gandeng Marvel Studio Luncurkan F11 Pro Avengers: Endgame Edisi Terbatas

OPPO mengumumkan kerja sama dengan Marvel Studios yang memproduksi film Avengers: Endgame untuk meluncurkan edisi terbatas F11 Pro Avengers. Produk eksklusif ini akan menghadirkan pengalaman…

Ramadhan Buffet Millennium Hotel

Kamis, 25 April 2019 - 11:06 WIB

Berbagi Keindahan Semangat Ramadhan bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

Menyambut datangnya bulan suci penuh berkah yang menjadi perayaan penting bagi umat Muslim di seluruh dunia ini, Millennium Hotel Sirih Jakarta kembali hadir dengan berbagai penawaran promo…

Perkenalan jajaran direksi BGR Logistics

Kamis, 25 April 2019 - 10:49 WIB

Kementerian BUMN Lakukan Perubahan Susunan Direksi BGR Logistics

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini M. Soemarno, dalam lRapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, melakukan perubahan susunan direksi BGR Logistics…