Bupati Aceh Utara Hentikan Izin Konsesi Pembukaan Perkebunan Kelapa Sawit

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Februari 2018 - 13:42 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Lhoksukon - Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib menyatakan pihaknya telah menghentikan pemberian izin konsesi pembukaan perkebunan kelapa sawit di daerah itu dalam waktu yang tidak ditentukan.

"Kalau tanam (kelapa sawit) baru tidak saya berikan izin (perluasan), yang sudah ada saja di-replanting," kata Bupati seusai melakukan pelantikan pengurus IPSM di Kantor Kesbangpol di Lhoksukon, Selasa (20/2/2018).

Ia mengatakan, penghentian izin perluasan kelapa sawit di Aceh Utara karena beberapa alasan, salah satunya, sawit merupakan pohon jenis penguras air yang dinilai dapat menghambat produksi tanaman lainnya. Satu batang pohon sawit menghabiskan sekitar 15 liter air setiap hari.

Alasan lainnya, lanjutnya, adalah minimnya ketersedian pabrik kelapa sawit di Aceh Utara yang menampung buah kelapa sawit para petani, sehingga mereka harus menjualnya ke luar daerah.

"Jika memang nantinya pabrik penampung sawit petani sudah memadai, maka akan kita izinkan lagi. Saat ini tanaman sawit di Aceh Utara sudah lebih dari 25 ribu hektare. Tinggal di-replanting saja (bagi pohon yang sudah tua) di lahan yang sudah ada," jelasnya.

Sebagai pengganti pohon sawit, maka Cek Mad mengajak masyarakat untuk menggalakkan penanaman kelapa hibrida dan pinang betara dan jenis tanaman produktif lainnya yang dapat menghasilkan lebih dari itu.

Di lain sisi, Bupati juga mengajak masyarakat Aceh Utara agar menanam minimal dua batang pohon kelapa hibrida di setiap pekarangan rumah masing-masing, karena akan dapat menghasilkan berbagai manfaat.

"Saya manantang IPSM (Anggota Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat) untuk mengajak masyarakat menanam minimal dua batang kelapa hibrida di setiap rumah. Soal bibit akan kita upayakan (usulkan) nantinya," ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Kamis, 04 Juni 2020 - 22:42 WIB

Kemenperin: Indonesia Masih Menjadi Negara Tujuan Utama Investasi Sektor Industri Manufaktur

Kementerian Perindusterian (Kemenperin) mencatat, selama periode tahun 2015-2019, total nilai penanaman modal asing (PMA) dari sektor industri manufaktur sebesar USD61,5 miliar.

Anand Stanley Presiden Direktur Airbus

Kamis, 04 Juni 2020 - 21:38 WIB

Gantikan Patrick de Castelbajac, Anand Stanley Bos Baru Airbus Asia Pasifik

Anand Stanley resmi menjadi Presiden Airbus Asia Pasifik yang berbasis di Singapura. Anand akan memegang raksasa industri penerbangan tersebut pada 1 Juli 2020 mendatang. Adapun beban Anand…

Gelar Harkopnas 2020 Secara Virtual, Dekopin Menanti Arahan Presiden

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:55 WIB

Undang Presiden di Harkopnas Virtual 2020, Nurdin Halid: Covid-19 Momentum Redesain Struktur Ekonomi Negara

Jakarta-Wabah Covid-19 tidak membuat Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mati gaya. Wadah tunggal gerakan Koperasi Indonesia itu berencana menggelar peringatan Hari Koperasi ke-73 pada 12 Juli…

Menteri Keuangan Sri Mulyani (foto Tempo)

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:12 WIB

Kabar Gembira, Menkeu Sri Mulyani Bakal Gelontorkan Insentif Pajak Sebesar Rp123,01 Triliun untuk Dunia Usaha

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Pemerintah akan mendukung dunia usaha bertahan dari dampak COVID-19 dengan memberikan insentif perpajakan mencapai Rp123,01 triliun.…

Kantor Visa (foto Kontan.co.id)

Kamis, 04 Juni 2020 - 19:48 WIB

Ande Gandeng Visa Foundation dan Usaid Rilis Program Advancing Women's Empowerment Fund

Aspen Network of Development Entrepreneurs (ANDE) bersama dengan U.S. Agency for International Development (USAID) dan Visa Foundation mengumumkan bahwa delapan organisasi telah terpilih untuk…