Bupati Aceh Utara Hentikan Izin Konsesi Pembukaan Perkebunan Kelapa Sawit

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Februari 2018 - 13:42 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Lhoksukon - Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib menyatakan pihaknya telah menghentikan pemberian izin konsesi pembukaan perkebunan kelapa sawit di daerah itu dalam waktu yang tidak ditentukan.

"Kalau tanam (kelapa sawit) baru tidak saya berikan izin (perluasan), yang sudah ada saja di-replanting," kata Bupati seusai melakukan pelantikan pengurus IPSM di Kantor Kesbangpol di Lhoksukon, Selasa (20/2/2018).

Ia mengatakan, penghentian izin perluasan kelapa sawit di Aceh Utara karena beberapa alasan, salah satunya, sawit merupakan pohon jenis penguras air yang dinilai dapat menghambat produksi tanaman lainnya. Satu batang pohon sawit menghabiskan sekitar 15 liter air setiap hari.

Alasan lainnya, lanjutnya, adalah minimnya ketersedian pabrik kelapa sawit di Aceh Utara yang menampung buah kelapa sawit para petani, sehingga mereka harus menjualnya ke luar daerah.

"Jika memang nantinya pabrik penampung sawit petani sudah memadai, maka akan kita izinkan lagi. Saat ini tanaman sawit di Aceh Utara sudah lebih dari 25 ribu hektare. Tinggal di-replanting saja (bagi pohon yang sudah tua) di lahan yang sudah ada," jelasnya.

Sebagai pengganti pohon sawit, maka Cek Mad mengajak masyarakat untuk menggalakkan penanaman kelapa hibrida dan pinang betara dan jenis tanaman produktif lainnya yang dapat menghasilkan lebih dari itu.

Di lain sisi, Bupati juga mengajak masyarakat Aceh Utara agar menanam minimal dua batang pohon kelapa hibrida di setiap pekarangan rumah masing-masing, karena akan dapat menghasilkan berbagai manfaat.

"Saya manantang IPSM (Anggota Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat) untuk mengajak masyarakat menanam minimal dua batang kelapa hibrida di setiap rumah. Soal bibit akan kita upayakan (usulkan) nantinya," ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…