Masih Pakai Mesin Tua, Industri TPT Minta Revitalisasi Permesinan

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Februari 2018 - 09:30 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagian besar industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional hingga saat ini masih menggunakan peralatan mesin yang sudah berumur tua.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono di Jakarta (19/2/2018).

Menurut Sigit, hingga kini masih banyak pabrik TPT yang menggunakan mesin-mesin tua. Hal ini disebabkan minimnya insentif untuk revitalisasi permesinan di industri TPT.

"Kami akan mengusulkan untuk insentif tambahan terkait revitakisasi permesinan di industri TPT," ujar Sigit.

Sigit berharap dengan adanya insentif ini dapat memompa semangat para pelaku industri TPT untuk meningkatkan daya saing.

"Kedepannya, saya berharap insentif ini dapat berjalan dengan baik, karena sudah lama revitalisasi mesin indusri TPT tidak berjalan," terangnya.

Lebih lanjut, Sigit menegaskan, revitalisasi permesinan di industri TPT harus segera dilakukan. Mengingat semakin menurunya daya saing industri TPT nasional karena gempuran produk impor.

"Ini harus segera dilakukan, kita butuh US$ 400 miliar per tahun untuk revitalisasinya," tutur Sigit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ben Marvin Tan Country Manager Indonesia, Zebra Technologies Asia Pasifik

Senin, 20 Januari 2020 - 10:30 WIB

Apakah Anda Siap untuk Tren Teknologi Enterprise Terbesar Tahun 2020?

Seiring kita memasuki dekade yang baru, para CIO dan manajer teknologi terus mencari tren teknologi teratas berikutnya yang akan mendorong daya saing, efektivitas, kepuasan pelanggan, dan profitabilitas…

Petani sedang menyiapkan agens hayati

Senin, 20 Januari 2020 - 10:30 WIB

Kementan Antisipasi Dini Serangan Hama PBP Dengan Agens Hayati

Hama Oenggerek Batang Padi (PBP) salah satu hama utama yang sering menyerang tanaman padi, yang dapat menyebabkan kerusakan dari tingkat ringan, sedang, berat hingga puso. Hama PBP menyerang…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Senin, 20 Januari 2020 - 10:20 WIB

Ini Lima Strategi Kementerian PUPR Dalam Pengelolaan Cerdas Sumber Daya Air

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, pengelolaan SDA dapat memanfaatkan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga menghasilkan kualitas pengelolaan yang lebih…

Shape Security

Senin, 20 Januari 2020 - 10:00 WIB

F5 akan Mengakuisisi Shape Security dan Mentransformasi Keamanan Aplikasi

F5 Networks, Inc. (NASDAQ: FFIV) dan Shape Security mengumumkan kesepakatan definitif yang menyatakan F5 akan mengakuisisi seluruh saham Shape dengan nilai total perusahaan sekitar US$1 miliar…

Pengerahan alat berat

Senin, 20 Januari 2020 - 09:52 WIB

Kementerian PUPR Turunkan 16 Alat Berat Buka Daerah Terisolir di Sukajaya, Bogor

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pengerahan alat berat tersebut agar jalan utama menuju desa-desa yang terisolir bisa diakses.