Masih Pakai Mesin Tua, Industri TPT Minta Revitalisasi Permesinan

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Februari 2018 - 09:30 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagian besar industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional hingga saat ini masih menggunakan peralatan mesin yang sudah berumur tua.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono di Jakarta (19/2/2018).

Menurut Sigit, hingga kini masih banyak pabrik TPT yang menggunakan mesin-mesin tua. Hal ini disebabkan minimnya insentif untuk revitalisasi permesinan di industri TPT.

"Kami akan mengusulkan untuk insentif tambahan terkait revitakisasi permesinan di industri TPT," ujar Sigit.

Sigit berharap dengan adanya insentif ini dapat memompa semangat para pelaku industri TPT untuk meningkatkan daya saing.

"Kedepannya, saya berharap insentif ini dapat berjalan dengan baik, karena sudah lama revitalisasi mesin indusri TPT tidak berjalan," terangnya.

Lebih lanjut, Sigit menegaskan, revitalisasi permesinan di industri TPT harus segera dilakukan. Mengingat semakin menurunya daya saing industri TPT nasional karena gempuran produk impor.

"Ini harus segera dilakukan, kita butuh US$ 400 miliar per tahun untuk revitalisasinya," tutur Sigit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tissa Biani

Rabu, 15 Juli 2020 - 13:00 WIB

Tissa Biani Menjadi Duta Festival Film Indonesia 2020

Festival Film Indonesia tetap hadir di tahun 2020. Memasuki tahun ke-40 penyelenggaraan, Komite Festival Film Indonesia yang dipimpin oleh Lukman Sardi berkomitmen agar apresiasi tertinggi terhadap…

Pembukaan Garmin Brand Store ketiga di Indonesia

Rabu, 15 Juli 2020 - 12:15 WIB

Gandeng Erajaya Group, Garmin Buka Toko Ketiganya di Indonesia

Garmin Indonesia hari ini mengumumkan pembukaan Garmin Brand Store ketiga di Indonesia bersama PT. Erafone Artha Retailindo, anak usaha Erajaya Group. Garmin Brand Store yang baru dibuka berlokasi…

CEO Indodax Oscar Darmawan

Rabu, 15 Juli 2020 - 12:01 WIB

Setelah Dogecoin, Kini Giliran Aurora Naik 350 Persen Dalam Sehari

Di market Indodax.com, harga Aurora meningkat dari Rp53 per koin pada 12 Juli 2020. Kemudian, Aurora meningkat menjadi Rp242 pada 13 Juli malam.

Amelia Hapsari Terpilih Sebagai Anggota Terbaru Academy Award

Rabu, 15 Juli 2020 - 12:00 WIB

Amelia Hapsari, Terpilih Sebagai Anggota Terbaru Academy Award

Salah seorang kurator film dokumenter untuk Festival Film Indonesia, Amelia Hapsari terpilih sebagai anggota terbaru Academy Award. Ke depannya beliau berhak memberikan voting untuk menentukan…

POCO F2 Pro

Rabu, 15 Juli 2020 - 11:37 WIB

Wih Xiaomi Hadirkan POCO F2 Pro di Indonesia, Ngegame Bakal Makin Lancar Nih

POCO F2 Pro dibekali dengan Qualcomm® Snapdragon™ 865 -- prosesor Qualcomm yang didukung CPU Kryo™ 585 octa-core dan GPU Adreno™ 650, yang menawarkan peningkatan performa hingga 25% dibandingkan…