Australian International Coffee Awards Kembali Digelar

Oleh : Irvan AF | Kamis, 12 Januari 2017 - 07:49 WIB

Ilustrasi penyajian kopi. (Jeremy Piper/Bloomberg via Getty Images)
Ilustrasi penyajian kopi. (Jeremy Piper/Bloomberg via Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Melbourne - Pendaftaran untuk ajang Australian International Coffee Awards (AICA) 2017 telah dibuka. Menjawab tren industri, inovasi dan tingginya minat dari pasar, AICA 2017 akan menghadirkan kelas Immersion Coffee yang menggantikan kelas Plunger and Syphon.

Mengacu pada besarnya respon publik, kelas ini akan menggunakan metode Clever Coffee Dripper karena metode ini dikenal sebagai teknik penyeduhan kopi yang dapat menghasilkan racikan kopi yang murni presisi dan konsisten.

Melissa Caia, Sensory Judge bersertifikasi World Coffee Events untuk ajang World Barista Championship dan Manager Coffee Academy akan bertindak sebagai Juri Kepala AICA. Dia mengatakan kalau penggunaan metode penyeduhan baru ini akan memungkinkan jajaran juri untuk merasakan sampel kopi yang lebih konsisten pada tahapan pencicipan.

"Tentunya sangatlah penting bagi kita untuk mengimplementasikan berbagai teknik dan peralatan penyeduhan serta barista terbaik selama tahapan penjurian untuk memastikan para juri dapat menilai tiap sajian kopi dengan akurat sesuai kriteria penilaian, dan untuk memperkuat kredibilitas dan reputasi ajang penghargaan ni," ujar Caia.

Untuk menjaga kualitas penyeduhan selama kompetisi ini, Queensland Barista Champion 2015 dan Technical Operations Manager of Pullman Espresso Accessories, Adam Metelmann ditunjuk sebagai Head Barista untuk ajang ini, yang akan memimpin tim barista profesional terpilih.

AICA adalah kompetisi coffee roasting bertaraf internasional pertama dan satu-satunya di Australia, yang diikuti oleh 658 peserta dari 143 coffee roaster dalam (Australia) dan luar negeri pada 2016, yang diantaranya meliputi Selandia Baru, Malaysia, Hong Kong, Indonesia, Singapura, Kanada, AS, dan Inggris.

Melalui ajang ini, para partisipan akan dapat mengukur kualitas produk kopi mereka dengan standar industri, memperoleh tanggapan dari para pakar industri independen, memasarkan kopi mereka yang berkualitas yang dibuktikan dengan penghargaan atau piala, dan mempromosikan produk-produk mereka ke berbagai event terkait.

Pendaftaran mulai dibuka hari ini hingga Jumat 24 Februari 2017.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…