Australian International Coffee Awards Kembali Digelar

Oleh : Irvan AF | Kamis, 12 Januari 2017 - 07:49 WIB

Ilustrasi penyajian kopi. (Jeremy Piper/Bloomberg via Getty Images)
Ilustrasi penyajian kopi. (Jeremy Piper/Bloomberg via Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Melbourne - Pendaftaran untuk ajang Australian International Coffee Awards (AICA) 2017 telah dibuka. Menjawab tren industri, inovasi dan tingginya minat dari pasar, AICA 2017 akan menghadirkan kelas Immersion Coffee yang menggantikan kelas Plunger and Syphon.

Mengacu pada besarnya respon publik, kelas ini akan menggunakan metode Clever Coffee Dripper karena metode ini dikenal sebagai teknik penyeduhan kopi yang dapat menghasilkan racikan kopi yang murni presisi dan konsisten.

Melissa Caia, Sensory Judge bersertifikasi World Coffee Events untuk ajang World Barista Championship dan Manager Coffee Academy akan bertindak sebagai Juri Kepala AICA. Dia mengatakan kalau penggunaan metode penyeduhan baru ini akan memungkinkan jajaran juri untuk merasakan sampel kopi yang lebih konsisten pada tahapan pencicipan.

"Tentunya sangatlah penting bagi kita untuk mengimplementasikan berbagai teknik dan peralatan penyeduhan serta barista terbaik selama tahapan penjurian untuk memastikan para juri dapat menilai tiap sajian kopi dengan akurat sesuai kriteria penilaian, dan untuk memperkuat kredibilitas dan reputasi ajang penghargaan ni," ujar Caia.

Untuk menjaga kualitas penyeduhan selama kompetisi ini, Queensland Barista Champion 2015 dan Technical Operations Manager of Pullman Espresso Accessories, Adam Metelmann ditunjuk sebagai Head Barista untuk ajang ini, yang akan memimpin tim barista profesional terpilih.

AICA adalah kompetisi coffee roasting bertaraf internasional pertama dan satu-satunya di Australia, yang diikuti oleh 658 peserta dari 143 coffee roaster dalam (Australia) dan luar negeri pada 2016, yang diantaranya meliputi Selandia Baru, Malaysia, Hong Kong, Indonesia, Singapura, Kanada, AS, dan Inggris.

Melalui ajang ini, para partisipan akan dapat mengukur kualitas produk kopi mereka dengan standar industri, memperoleh tanggapan dari para pakar industri independen, memasarkan kopi mereka yang berkualitas yang dibuktikan dengan penghargaan atau piala, dan mempromosikan produk-produk mereka ke berbagai event terkait.

Pendaftaran mulai dibuka hari ini hingga Jumat 24 Februari 2017.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Melalui Sertifikasi B Corp, Xurya menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, baik dalam aspek lingkungan maupun sosial.

Senin, 29 April 2024 - 21:56 WIB

Perusahaan Energi Terbarukan Indonesia, Xurya, Raih Sertifikasi B Corp

Menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, Xurya menjadi salah satu pionir perusahaan energi terbarukan di Indonesia yang Tersertifikasi B Corp.

 PAPDI Umumkan Pembaruan Rekomendasi Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024

Senin, 29 April 2024 - 21:00 WIB

PAPDI Perbarui Rekomendasi Vaksin Dewasa Dengan Menambahkan PCV15

Selain diberikan kepada bayi dan anak-anak, vaksin PCV15 juga telah disetujui oleh BPOM untuk diberikan kepada dewasa guna memberikan perlindungan terhadap 15 serotipe bakteri pneumokokus.

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Lindungi Hak Pekerja dalam Bisnis'. (FMB9)

Senin, 29 April 2024 - 20:40 WIB

Perpres 60/2023, Pemerintah Dorong Bisnis Ramah HAM & Kesejahteraan Pekerja

Jakarta, FMB9 - Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia sebagai respons terhadap kebutuhan akan perlindungan…

Direksi BNI usai paparan kinerja

Senin, 29 April 2024 - 18:33 WIB

BNI Raih Laba Bersih Rp5,33 Triliun Kuartal I 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif dan berkelanjutan pada periode awal tahun 2024.

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…