Kenaikan Harga Minyak Kedelai Jadi Sentimen Positif bagi Harga CPO Malaysia

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 08 Februari 2018 - 13:29 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) berpotensi terus meningkat pada perdagangan Kamis (08/02/2018). Itu ditopang oleh kenaikan harga minyak kedelai dan pelemahan kurs Ringgit Malaysia (RM).

“Kendati demikian, kenaikan harga CPO tersebut diperkirakan bakal terbatas karena permintaan CPO hingga kini masih belum terlihat meningkat,” ujar Faisyal, Research Staff & Market Analyst PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Kamis (08/02/2018).

Faisyal mengemukakan, harga kontrak CPO untuk pengiriman April 2018 di Malaysia Derivatives Exchange naik 0,6% menjadi RM2.485 per ton. Harga CPO kemarin sempat naik 1,6% ke posisi RM2.510 per ton. Itu adalah harga tertinggi sejak 30 Januari 2018 karena mengikuti pergerakan kenaikan harga minyak nabati lainnya, termasuk minyak kedelai.

Faisyal menuturkan, harga minyak kedelai untuk pengiriman Maret 2018 di Chicago Board of Trade (CBOT) ditutup naik 0,2% pada Rabu lalu. Itu ditopang oleh aksi beli dan optimisme bahwa parlemen AS mungkin akan segera memperbaharui kredit pajak biodiesel menjadi US$1 per galon.

“Disamping itu, kenaikan harga minyak kedelai tersebut juga ditopang oleh cuaca kering yang menghambat hasil panen di Argentina dan hujan lebat yang memperlambat panen di Brasil,” tukas Faisyal.

Adapun harga minyak kedelai untuk pengiriman Mei 2018 di Dalian Commodity Exchange juga ditutup naik 0,5%.

Pada pukul 11.30 WIB, kurs Ringgit Malaysia melemah 0,4% ke posisi 3.9260 per dolar AS. Kurs Ringgit yang melemah akan membuat harga minyak sawit menjadi lebih murah untuk pemilik mata uang laiinya.

Menurut hasil survei Reuters, volume ekspor CPO Malaysia diperkirakan turun 8% pada Januari 2018 menjadi 1.31 juta ton. Sedangkan cadangan pada akhir Januari 2018 diperkirakan naik 0,6% menjadi 2.75 juta ton.

Faisyal memprediksi harga CPO akan menguat dalam jangka pendek dan dapat menyentuh level harga RM2.520 per ton. Tren kenaikan harga CPO dapat terlihat jika harga komoditas tersebut dapat menembus RM2.500 per ton.

“Demikian pula sebaliknya. Jika harga CPO mencapai RM2.460 per ton, maka itu menunjukkan adanya tren penurunan harga. Tren penurunan tersebut akan berlanjut hingga mencapai level harga terendah RM2.430 per ton,” pungkas Faisyal. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aplikasi Media Sosial (Ist)

Sabtu, 12 Juni 2021 - 23:55 WIB

Perlunya Menerapkan Budaya Digital Sehat di Era Perubahan Interaksi Sosial Internet

Pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat dunia dan Indonesia mengadaptasi gaya hidup baru yang mengandalkan teknologi internet. Di balik itu, pandemi ikut membuka kesempatan luas untuk melakukan…

Ilustrasi Orangtua Bijak Berinternet (ist)

Sabtu, 12 Juni 2021 - 23:30 WIB

Cegah Cyber Bullying, Orangtua Perlu Batasi Anak Berinternet

Sebagai cara untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan literasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyusun Peta Jalan Literasi Digital 2021 -2024 yang menggunakan…

Gubernur Anies Ziarah ke Makam Cit Nyak Dien di Sumedang

Sabtu, 12 Juni 2021 - 20:11 WIB

Gubernur Anies Ziarah ke Makam Cut Nyak Dien di Sumedang, Warganet: Terimakasih Pak! Salam Cinta dari Aceh...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa sesudah beberapa waktu lalu menonton film Tjoet Nja' Dhien bersama keluarga, Ia langsung berniat ziarah ke makam pahlawan asal tanah rencong…

Mendikbud Nadiem Makarim (foto Antara)

Sabtu, 12 Juni 2021 - 19:28 WIB

Kabar Gembira Buat Ribuan Mahasiswa Indonesia! Menteri Nadiem Resmi Buka Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021, Begini Cara Daftarnya...

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghadirkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka bagi para mahasiswa di seluruh Indonesia.¬† Program ini bertujuan…

Menkoperekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus serta Gubernur Kepulauan Riau

Sabtu, 12 Juni 2021 - 19:01 WIB

Dahsyat, KEK Batam dan KEK Nongsa Bakal Kerek Ratusan Miliar Dolar Masuk RI

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Pulau Batam untuk…