PLTP Sabang Hasilkan Energi Hingga 15 Mega Watt

Oleh : Herry Barus | Selasa, 10 Januari 2017 - 14:02 WIB

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

INDUSTRY.co.id - Pengeboran Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) geothermal Jaboi, Sabang, Aceh ditargetkat selesai pada Februari 2017 dan bisa menghasilkan energi 10 Mega Watt sampai dengan 15 Mega Watt (MW).

"Kami sebagai pelaksana dipantau terus oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Februari 2017 ditargetkan selesai pengeboran pertama," kata Projek Maneger dan Kepala Teknis PLTP geothermal Jaboi, Sabang, Matoyo kepada Antara di Sabang, Selasa (10/1)

Ia menjelaskan, pembangunan PLTP geothermal Jaboi, Sabang yang dikerjakan oleh PT. Sabang Geothermal Energi (SGE) sudah mendapat izin Kementerian ESDM dan sesuai dengan izin yang diberikan tersebut pengeboran tahap pertama harus kelar Februari.

"Pengeboran tahap pertama Insya Allah selesai Februari dan energi yang dihasilkan diperkirakan 10 sampai 15 Mega Watt (MW," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai pengusaha energi pihaknya menginginkan pembangunan PLTP geothermal Jaboi pengerjaannya selesai tepat waktu sebagai wujud keberhasilan pada tahap pertama.

"Tahap pertama satu lokasi pengeborannya dan direncanakan keseluruhan ada empat titik pengeborannya," katanya lagi.

Pihaknya mengakui, sebagai pembisnis PT.SGE akan segera menyelesaikan pekerjaan tersebut dan diupayakan energinya bisa segera disalurkan ke pada PT.PLN Persero.

"Nantinya energi yang dihasilkan dari panas bumi Jaboi akan kami jual ke PT.PLN dan selanjutnya PLN yang menyuplainya kepada pelanggan," ujarnya.

Projek Maneger dan Kepala Teknis PLTP geothermal Jaboi, Sabang juga menjelaskan, sesuai dengan prakiraan awal jika pihaknya berhasil mengerjakan PLTP geothermal Jaboi energi yang dihasilkan mencapai 80 MW keseluruhannya.

"Jika ini berhasil energi yang dihasilkan dari panas bumi geothermal Jaboi mencapai 80 MW dan nantinya bisa akan suplai ke PLN Banda Aceh melalui kabel bawah laut," tuturnya.

Diharapkan dengan beroperasinya PLTP geothermal Jaboi, Sabang pada akhir tahun 2017 (hrb)kebutuhan energi untuk masyarakat serta pelaku usaha industri pariwisata terpenuhi di pulau paling ujung barat Indoensia itu.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PRO AVL, Ajang Pameran Instrumen Musik Terlengkap Kembali Hadir di Jakarta

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:13 WIB

PRO AVL, Ajang Pameran Instrumen Musik Terlengkap Kembali Hadir di Jakarta

Bagi Anda pecinta seni musik, alat musik, pengetahuan penggunaan alat musik dan sound system ada baiknya untuk menghadiri pameran PRO AVL & Music Indonesia 2019 yang berlangsung pada hari ini…

Keluarga Cendana Serahkan Dokumen Penting Presiden Soeharto ke Negara

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:04 WIB

Keluarga Cendana Serahkan Dokumen Penting Presiden Soeharto ke Negara

– Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima tambahan khaSanah arsip statis tentang Presiden Soeharto yang diserahkan oleh pihak keluarga Presiden Soeharto. Arsip tersebut diserahkan…

Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019 bertempat di kampus Perbanas Institute Jakarta.

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:45 WIB

42 Emiten Meraih CSA Awards 2019

Jakarta-Sebanyak 42 emiten di Bursa Efek Indonesia meraih CSA Awards, penghargaan emiten dengan kinerja terbaik hasil kerjasama antara Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) dengan CSA Research.…

Dell Hadirkan Laptop G-Series Teranyar

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:42 WIB

Ramaikan Pasar Laptop Gaming, Dell Hadirkan Laptop G-Series Teranyar

Dell Indonesia menghadirkan inovasi gaming untuk memenuhi pertumbuhan pasar gaming PC di Indonesia dengan menghadirkan laptop G-Series terbaru – Dell G7 15 (7590) yang dibanderol dengan harga…

Pameran 3-in-1 Industri Mainan, Taman Hiburan, dan Peralatan & Dekorasi Rumah Mulai Digelar Hari ini

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:28 WIB

Ragam Industri Mainan Teknologi China Mejeng di JIExpo

Jakarta-Tiga pameran dagang berstandar internasional digelar secara bersamaan mulai hari ini hingga 20 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.