Promosikan Produk Mamin, Indonesia Gandeng Distributor AS di WFFS 2018

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Januari 2018 - 13:18 WIB

Produk Mamin (ist)
Produk Mamin (ist)

INDUSTRY.co.id - San Francisco - Indonesia kembali berpartisipasi dalam pameran Winter Fancy Food Show (WFFS) pada 21-23 Januari 2018 di Moscone Center, San Fransisco, Amerika Serikat (AS).

Pada gelaran kali ini, Indonesia menjalin kerja sama dengan Khong Guan USA Corp (KGC), salah satu distributor terkemuka produk mamin Asia untuk membantu mendistribusikan produk-produk Indonesia di AS.

Dikutip dari laman Kementerian Perdagangan, Senin (29/1/2019), Pada pameran WFFS ini, KGC melakukan kurasi produk yang ditampilkan di paviliun Indonesia dan memberikan masukan kepada peserta dari Indonesia.

Menurut KGC, produk Indonesia yang ditampilkan pada umumnya telah siap untuk memasuki pasar AS. Namun demikian, beberapa produk masih perlu disesuaikan dengan ketentuan dan selera pasar AS, baik dalam hal kemasan maupun komposisi bahan agar diterima pasar AS.

KGC memberikan panduan terkait beberapa produk yang dianggap siap untuk pasar AS, terutama produk yang cocok untuk masuk dalam daftar distribusi produk mamin KGC, ungkap Koordinator Ekonomi Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) San Fransisco, Hanggiro Setiabudi.

Hanggiro menambahkan, KGC telah memasok pasar Amerika Utara dan mengimpor lebih dari 2.000 produk dari 11 negara di Asia. Selain itu, KGC juga telah memasok secara terus menerus ke berbagai supermarket dan jaringan ritel besar di AS, seperti Kroger, Walmart, Target, Walgreen, Cost Plus, Ralph, dan Safeway.

Masukan yang diberikan KGC kepada para peserta sangat berharga, terutama mengenai kalkulasi struktur harga, agar produk Indonesia dapat diterima di pasar AS. Kita juga akan terus mengawal dan menjalin kerja sama dengan distributor agar produk mamin Indonesia bisa menembus pasar AS, jelas Hanggiro.

Pada keikutsertaan kali ini, paviliun Indonesia menghadirkan empat perusahaan yaitu Pondan, Kapal Api, Jawa Import, dan Harendong Arum Tea. Perusahaan Indonesia tersebut menampilkan berbagai varian produk makanan organik dan makanan olahan, seperti berbagai bumbu rempah organik, teh premium, kopi premium, gula kelapa, minuman air kelapa, makanan ringan serta
berbagai bahan untuk pembuatan roti, kue, es krim, dan sambal.

Pameran WFFS selalu menjadi pilihan bagi produsen makanan untuk meluncurkan berbagai produk terbaru. Pameran ini juga menjadi tempat para buyer dan distributor memilih produk baru yang akan mereka jual, baik untuk grosir maupun ritel, ujar Kepala Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles, Antonius A. Budiman.

Pameran WFFS kali ini, diikuti sekitar 1.400 peserta dari 20 negara dan dihadiri sekitar 30.000
pengunjung. Peserta pameran terdiri dari pelaku industri terkemuka dalam bidang makanan, restoran, dan katering seperti Wholefood, Kroger, Formaggio Kitchen, Starbucks, Trade Joes, UNFI, KeHE, dan Southern Season, serta sejumlah jaringan hotel.

Total nilai pasar makanan premium di AS pada tahun 2016 sebesar USD 127,4 juta dengan peningkatan sekitar 15% dari tahun sebelumnya. Produk utama makanan premium yang dikonsumsi masyarakat AS yaitu keju dan keju nabati; daging sapi, unggas, dan hasil laut baik yang beku atau yang didinginkan; kentang, pretzel, dan makanan ringan; kopi dan kakao; serta roti dan makanan panggang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…

Dirc Richard Talumewo, Presiden Direktur PT Transcoal Pacific Tbk, sedang memberikan penjelasan kepada investor dan pers dalam acara paparan publik di Jakarta, Rabu (19/06/2019). (Foto: Abe)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:22 WIB

Total Dividen Tunai 2018 Transcoal Pacific Bernilai hampir Rp80 Miliar

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), perusahaan pelayanan di bidang angkutan laut dan logistik kelautan, akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2018 bernilai total Rp79,68 miliar (Rp15,5…

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:15 WIB

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia

Famous All Stars dengan bangga mempersembahkan 1ID Music sebuah survival reality show mencari lima talenta musik terbaik Indonesia. Peserta dari ajang ini tidak hanya akan berkompetisi merebut…

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:00 WIB

FinTech for Capital Market Expo, Memperkuat Kolaborasi FinTech-Pasar Modal

Dengan semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk dan layanan keuangan yang lebih bervariasi dan didukung dengan kecanggihan teknologi, Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH)…