Integrasi Pengawasan Keamanan Pangan Harus Ditingkatkan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 25 Januari 2018 - 08:26 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (Food and Agriculture Organization, FAO) menilai integrasi antar-institusi dan lembaga dalam pengawasan keamanan pangan di Indonesia harus ditingkatkan untuk menjaga keamanan produk pangan bagi masyarakat.

Perwakilan FAO untuk Indonesia dan Timor Leste Mark Smulders dalam acara sosialisasi penilaian sistem pengawasan pangan yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu (24/1/218)  mengatakan kerja sama dan koordinasi antar-kementerian-lembaga dalam pengawasan pangan masih terfragmentasi.
 

 "Pada dasarnya kinerja institusi yang berkompetensi sudah baik, namun perlu koordinasi dan kolaborasi dari otoritas berwenangan satu sama lain," kata Mark seperti dilansir Antara.

Keterlibatan pemerintah Indonesia dalam keamanan pangan internasional dan tata kelola pengawasan pangan dinilai sangat kuat.

Selain itu, FAO menilai sistem yang sudah ada membuat petugas yang terlibat jadi berkualifikasi tinggi.

 Namun, Mark menekankan pada pentingnya kerja sama antar- kementerian-lembaga yang berwenang hingga menciptakan jaringan keamanan pangan secara nasional.

Di level kinerja kementerian-lembaga, FAO menilai setiap institusi telah memberikan pelayanan dengan baik meski masih kurang dalam ragam program, konsistensi, dan koordinasi.

Sementara pemerintah dalam tingkat nasional dinilai mempunyai pemahaman yang baik tentang risiko, namun belum mendapatkan gambaran jelas tentang risiko yang diprioritaskan untuk dilakukan pencegahan secara nasional.

Hal itu disebabkan oleh minimnya integrasi data antar-kementerian-lembaga, dan masing-masing pihak berwenang cenderung bekerja sendiri-sendiri.

FAO pada tahun lalu melakukan penilaian terhadap sistem pengawasan pangan di Indonesia dengan menggunakan instrumen penilaian sistem pengawasan pangan nasional dari FAO dan WHO. Instrumen penilaian dari FAO dan WHO didasarkan pada standar global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KN Gajah Laut-404 Terima Kunjungan Siswa SMA Kosgoro

Sabtu, 25 Januari 2020 - 05:00 WIB

KN Gajah Laut-404 Terima Kunjungan Siswa SMA Kosgoro

Sebanyak 30 siswa didampingi 5 guru dan Kepala Sekolah SMA Kosgoro Yolance Balanca, S.Pd, berkesempatan melaksanakan kunjungan ke KN Gajah Laut-404 yang sedang bersandar di Pangkalan Armada…

TNI-Polri Gelar Karya Bakti Pembersihan Lingkungan di PLBN Sota Papua

Sabtu, 25 Januari 2020 - 04:45 WIB

TNI-Polri Gelar Karya Bakti Pembersihan Lingkungan di PLBN Sota Papua

Sebagai wujud kepedulian terhadap keindahan lingkungan, TNI-Polri, Pemerintah Distrik Sota dan Unsur CIQ (Custom Immigration Quarantine) menggelar karya bakti pembersihan lingkungan di area…

Mabes TNI Gelar Ceramah Rohani

Sabtu, 25 Januari 2020 - 04:30 WIB

Mabes TNI Gelar Ceramah Rohani

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar ceramah rohani yang dilaksanakan secara serentak di masing-masing rumah ibadah, bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur,…

Malindo Air

Sabtu, 25 Januari 2020 - 04:06 WIB

Pembatalan Sementara Penerbangan Malindo Air dari dan ke Wuhan RRC

Malindo Air (kode penerbangan OD) member of Lion Air Group secara resmi mengumumkan penghentian/ pembatalan sementara (suspends) penerbangan internasional pergi pulang (PP) rute Bandar Udara…

Tingkatkan Industri Pariwisata, Wings Air Resmikan Rute Bandung – Palembang – Bandung

Sabtu, 25 Januari 2020 - 03:30 WIB

Tingkatkan Industri Pariwisata, Wings Air Resmikan Rute Bandung – Palembang – Bandung

Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group hari ini meresmikan rute baru yang dilayani secara langsung (non-stop) dan berjadwal dari Bandung ke Palembang. Dengan demikian menempatkan…