Masih Suka Bingung Antara Yukata dan Kimono? Ini Perbedaannya

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 23 Januari 2018 - 19:00 WIB

Pakaian Tradisional Jepang, Yukata dan Kimono (Foto: saibumi.com)
Pakaian Tradisional Jepang, Yukata dan Kimono (Foto: saibumi.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pakaian tradisional Kimono dan Yukata merupakan pakaian tradisional masyarakat Jepang. Tetapi, bagi orang awam Kimono sama saja seperti Yukata. Karena, jika dilihat dengan sekesama, kedua pakaian tersebut hampir mirip dan motifnya juga hampir sama.

Nama Kimono lebih populer dibandingkan Yukata, tetapi pakaian ini sama-sama cantik kok. Padahal, Kimono dan Yukata memang penampilannya sama tetapi sebenarnya berbeda sekali, lho!

Untuk lebih tahu perbedaannya Kimono dan Yukata, Michiko Kannari, Chief Editor Japon Magazine memberikan informasi agar Kamu tidak salah lagi nih menyebut Kimono dengan Yukata dan sebaliknya.

Saat dutemui Industry.co.id di Citywalk Sudirman, dalam acara Japon Japan Fair 2018, berikut pernyataan dari Michiko perbedaanya :

1. Kimono, memiliki bagian dalam yang disebut "Nagajuban". Kimono dan Yukata juga memiliki "Obi" (sabuk).
2. Pada umumnya, Kimono menggunakan bahan kain sutra. Sedangkan, Yukata menggunakan bahan katun.
3. Yukata, biasanya digunakan pada saat musim panas, orang Jepang jaman dulu kalo mau tidur, tidurnya pake Yukata. Lalu juga kalau habis mandi berendam pakai Yukata, pokoknya kalau keluar pakai yukata.
4. Kimono biasa digunakan saat momen formal, sedangkan Yukata digunakan saat momen informal.
5. Jadi, kalau musim dingin bisa memakai Kimono karena bahannya tebal dan cukup hangat. Ada yang unik nih dari pakaian Kimono. Bagi wanita yang masih single mereka menggunakan lengan yang cukup lebar dan panjang yang artinya, jika mereka jalan otomatis lengan tersebut melambai-lambai dan hal itu mengartikan untuk menarik atau mengajak cowok-cowok Jepang atau merayu. Sedangkan, untuk wanita yang sudah menikah disarankan untuk tidak memakai Kimono berjenis tersebut.
6. Geta merupakan alas kaki untuk Yukata, kalau Kimono, setta atau zouri.
7. Kalau ingin menggunakan Kimono, biasanya ada tipsnya yaitu sebelum dipakai, tiga hari sebelumnya digantung supaya tidak ada lipatan dihanger pakaian khusus Kimono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…