Digempur Impor, Produk Baja Lapis Seng Lokal Tak Berkutik

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 08 Januari 2017 - 14:16 WIB

Ilustrasi baja CRS. (Seokyong Lee/Bloomberg via Getty Images)
Ilustrasi baja CRS. (Seokyong Lee/Bloomberg via Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Serbuan baja impor bikin pengusaha baja lokal tak berkutik. Dari laporan Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) tercatat serbuan barang impor baja lapis alumunium seng (BJLAS) mencapai 224.120 ton dalam kurun waktu Juli 2015 hingga Juni 2016 belakangan ini.

"Mayoritas impor pun berasal dari negara yang dituduh dumping (RRT dan Vietnam) yakni 196.191 ton atau 87,5 persen dari total impor," kata Ketua KADI Ernawati, dikutip JPNN Minggu (8/1/2017).

Kata Ernawati, penyelidikan tersebut dilakukan berdasar permohonan salah satu produsen baja lapis dalam negeri PT NS BlueScope Indonesia. "Penyelidikan dilakukan untuk baja impor dari Tiongkok dan Vietnam," ujarnya. Inisiatif penyelidikan terhadap dugaan dumping pun dilangsungkan sejak 23 Desember 2016.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Sunrise Steel (produsen BJLAS) Henry Setiawan mengatakan, sebanyak 40 persen BJLAS di Indonesia masih diisi produk impor dari Tiongkok maupun Vietnam. Selain produksi masih kurang, harganya bersaing dengan produk impor, tuturnya.

Kebutuhan BJLAS di Indonesia pun mencapai satu juta ton per tahun. Angka tersebut terus bertumbuh sepuluh persen per tahun.

Maraknya produk impor baja lapis membuat utilisasi produsen BJLAS lokal hanya 6070 persen.
Kapasitas terpasang baja lapis dalam negeri mencapai 600 ribu ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kazuro Saito CEO Suntory Group

Selasa, 31 Maret 2020 - 14:28 WIB

Geliat Suntory Group Raksasa Industri Minuman Asal Jepang

Suntory Group adalah salah satu industri minuman terkemuka di dunia, yang menawarkan portofolio beragam produk minuman dalam kemasan, mulai dari minuman teh, air dalam kemasan, minuman ringan…

Nikmati Ayam Kurma Herbal Ada di Aston Inn Pandanaran Semarang

Selasa, 31 Maret 2020 - 14:00 WIB

Nikmati Ayam Kurma Herbal Ada di Aston Inn Pandanaran Semarang

Kesehatan merupakan hal utama dalam kehidupan yang tidak dapat tergantikan dengan apapun, dengan tubuh sehat segala aktifitas dapat kita jalani. Untuk menjaga kesehatan perlunya memperhatikan…

CIMB Niaga Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:25 WIB

CIMB Niaga Syariah Dukung DT Peduli Himpun Zakat, Sedekah, dan Wakaf Pakai QR Code

Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) menyediakan layanan pembayaran Zakat, Sedekah,…

Bawang putih yang siap banjiri pasar

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:23 WIB

Kementan Pastikan Pasokan Bawang Putih Selama Covid-19 Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok bawang putih di seluruh Indonesia aman dan tersedia dalam jumlah yang cukup. Sebab bawang putih impor dari China sudah datang melalui 3 pelabuhan…

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:05 WIB

Galer Eraspacetival, Erajaya Berikan Diskon Besar-besaran

Erajaya menggelar festival belanja online bertajuk Eraspacetival. Sejumlah produk diberikan diskon besar, salah satunya iPhone XS.