2017, Tahun Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Indonesia Timur

Oleh : Ridwan | Sabtu, 07 Januari 2017 - 17:59 WIB

Petani rumput laut di Bantaeng, Sulawesi Selatan. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Petani rumput laut di Bantaeng, Sulawesi Selatan. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) optimistis 2017 akan menjadi tahun pertumbuhan ekonomi bagi Kawasan Timur Indonesia (KTI) setelah sepanjang 2016 didukung pembangunan yang signifikan oleh pemerintah pusat.

Andi Rukman Karumpa, Wakil Ketua Umum Kadin Kawasan Timur Indonesia, mengapresiasi perhatian pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terhatap KTI selama 2016.

"Tahun ini adalah tahun perhatian yang sangat besar dari pemerintah pusat untuk KTI, bisa dikatakan ini tahun terbesar sepanjang sejarah republik berdiri" ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (6/1/2017).

Andi merincikan salah satu kebijakan pemerintah yang akan berdampak signifikan adalah penetapan satu harga untuk bensin di Papua pada tahun ini. Langkah itu merupakan sebuah keberanian.

Selain itu, pada tahun ini pemerintah juga menggenjot percepatan pembangunan di 187 kawasan perbatasan mulai dari Pulau Rondo sampai Nusa Tenggara Timur, termasuk di Skouw, Kota Jayapura, Papua. Bahkan sejumlah Pos Lintas Batas Negara telah diresmikan tahun ini.

Di sektor perhubungan, pemerintah pusat juga telah merampungkan dan meresmikan sejumlah bandara di Papua dan Sulawesi, mempercepat pengembangan jalan trans Papua, dan membuka lahan sawah baru di Sulawesi dan Kalimantan.

Karena itu, Andi optimistis 2017 akan menjadi tahun pertumbuhan ekonomi bagi KTI.

Infrastruktur mulai dibangun, tentu akan berdampak bagi pertumbuhan. Semoga biaya logistik menurun, akselerasi ekonomi juga makin baik di KTI.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Manajemen Linktown Indonesia saat peresmian kantor cabang Bandung

Jumat, 03 Mei 2024 - 10:12 WIB

Resmikan Kantor Cabang Baru, Linktown Siap Rebut Pasar Properti Bandung

Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor cabang di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (2/5). Peresmian kantor cabang Linktown Bandung dihadiri oleh para Founder Linktown, Head…

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:37 WIB

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (01/05/2024). mengundang bakal calon (Balon) kepala daerah se-Sumatera, di Hotel Mercure, Jakarta Barat.

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:17 WIB

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Kesadaran Masyarakat akan gaya hidup yang lebih sustainable terus meningkat, salah satunya dapat dilihat dari peningkatan penggunaan armada mikromobilitas. Berdasarkan data operasional dari…

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo di sela-sela 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific

Jumat, 03 Mei 2024 - 08:45 WIB

Ini Jurus Wamenparekraf Dorong Peran Perempuan di Sektor Parekraf Dunia

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mendorong penguatan peran perempuan dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif internasional,…

Mobil Banking Bank DKI

Jumat, 03 Mei 2024 - 07:46 WIB

Gandeng Komunitas Mini 4WD, Bank DKI Dorong Transaksi Non Tunai

Terus dorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta, Bank DKI  gandeng komunitas Mini 4WD dalam memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile pada penyelenggaraan JakOne Mobile Indonesia Damper…