Harga CPO Diprediksi Terdukung Penurunan Produksi dan Depresiasi Ringgit Malaysia

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 16 Januari 2018 - 13:19 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) diperkirakan bakal meningkat dan berpotensi bergerak pada kisaran RM2.440-2.525 per ton pada perdagangan hari ini.

“Peningkatan harga tersebut disebabkan oleh adanya proyeksi penurunan produksi CPO Malaysia dan depresiasi ringgit Malaysia terhadap dolar Amerika Serikat (AS),” ujar Faisyal, analis bursa komoditi PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Selasa (16/01/2018).

Meski demikian, menurut Faisyal, kenaikan harga CPO tersebut diperkirakan bakal terbatas karena munculnya rasa pesimistis terhadap data ekspor CPO Malaysia.

Tetapi para trader di pasar berjangka Kuala Lumpur pada umumnya memprediksi bahwa volume produksi CPO mengalami penurunan. Pasalnya, volume produksi CPO pada triwulan pertama setiap tahun biasanya cenderung mengalami penurunan.

Sementara itu, perusahan kargo surveyor Intertek Testing Services melaporkan, ekspor CPO Malaysia mengalami penurunan sebesar 7,4% pada 15 Januari 2018 dibandingkan periode yang sama pada bulan sebelumnya.

Pada pukul 11:37 WIB, kurs ringgit Malaysia (RM) melemah 0,3% ke posisi 3.9575 per dolar AS. Pelemahan kurs Ringgit Malaysia tersebut akan membuat harga minyak sawit menjadi lebih murah untuk pemilik mata uang lainya. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelaran Wisuda ke-30 UNSADA

Sabtu, 28 November 2020 - 17:17 WIB

Masa Pandemi, UNSADA Gelar Wisuda ke-30 Secara Virtual

Pada Tahun Akademik 2020/2021 ini UNSADA berhasil meluluskan sebanyak 814 wisudawan yang terdiri dari 15 orang master dari 1 program studi jenjang pendidikan S2, 770 orang sarjana dari 12 program…

Bhayangkara FC

Sabtu, 28 November 2020 - 17:00 WIB

Bhayangkara FC akan Berhome Base di Solo

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyambut positif rencana klub Liga 1, Bhayangkara FC berhome base di Solo. Walikota yang akrab disapa Rudy menyebut pihaknya sangat senang bila Bhayangkara FC…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan sapi milik peternak

Sabtu, 28 November 2020 - 15:04 WIB

Mentan Syahrul Pantau Aktivitas Jual Beli Pasar Ternak Tallunglipu

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau Pasar Hewan Ternak di Kelurahan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (28/11). Di sana, Mentan memantau…

Pelabunan Patimban Jawa Barat (Foto Ist)

Sabtu, 28 November 2020 - 15:00 WIB

Sinergi Pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok Tingkatkan Efisiensi Biaya Logistik

Kehadiran Pelabuhan Patimban yang disinergikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok diharapkan dapat mengefisiensikan waktu dan biaya logistik. Khususnya untuk menekan biaya logistik nasional dan…

Wisuda nasional unit pendidikan di lingkungan Kemenperin

Sabtu, 28 November 2020 - 14:50 WIB

Gelar Wisuda Nasional Secara Virtual, Kemenperin Kembali Telurkan Ribuan SDM Industri Kompeten

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) melaksanakan wisuda nasional untuk seluruh unit pendidikan di lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).