Kemendag Akan Kaji Ulang Rencana Penurunan Bea Keluar CPO

Oleh : Hariyanto | Selasa, 09 Januari 2018 - 10:09 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY co.id -Jakarta - Kementerian Perdagangan akan segera mengkaji ulang rencana penurunan bea keluar CPO seperti halnya niat pemerintah Malaysia.

"Kami menyepakati mengenai bagaimana menyikapi Malaysia. Kan Malaysia juga mengusulkan mengenai bea ringan," kata Mendag, Enggartiasto Lukita usai menghadiri Rakor Kelapa Sawit di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Senin (8/1/2018).

Sebelumnya, Kemendag berencana untuk menurunkan bea keluar (BK) minyak sawit mentah yang akan diberlakukan pada Januari 2018. Rencana pemerintah tersebut telah memperhatikan berbagai rekomendasi yang akhirnya menetapkan harga BK 0 untuk harga referensi US$697,34/MT.

Penetapan itu tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 98 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) atas Produk Pertanian dan Kehutanan yang Dikenakan Bea Keluar.

Lebih lanjut Enggar mengatakan, kebijakan Malaysia tersebut akan disikapi pemerintah dengan menunda agenda pertemuan tingkat menteri yang sedianya digelar pada 11-12 Januari 2018. "Kami mengusulkan pertemuan 11-12 Januari itu ditunda saja dahulu," ucapnya.

Dia mengaku, penundaan pertemuan yang akan membahas kelapa sawit nasional itu telah mempertimbangkan beberapa catatan dari Kemenko Perekonomian. 

"Ada beberapa catatan yang harus kami minta. Dari pada kita datang ke pertemuan, tetapi kami belum siap?," kata Enggar.

Namun demikian, jelas dia, Kemendag belum bisa mempublikasikan sejumlah catatan terkait penundaan pertemuan tingkat menteri yang akan membahas subsektor kelapa sawit nasional itu. "Catatannya ada di Pak Menko (Menko Perekonomian, Darmin Nasution). Kami dilarang mendahului," tegas Enggar. (hid)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekjen Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono saat memberikan penghargaan industri hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 16 Desember 2019 - 13:02 WIB

Penerapan Industri Hijau Mampu Hemat Energi Sebesar Rp 3,49 Triliun

Berdasarkan data self asessment industri tahun 2018, dapat dihitung penghematan energi sebesar Rp 3,49 triliun dan penghematan air sebesar Rp 228,9 miliar.

(kiri) Direktur Bisnis Komersil BRIsyariah Kokok Alun Akbar

Senin, 16 Desember 2019 - 12:45 WIB

BRI Syariah Tingkatkan Potensi Bisnis Muhammadiyah

Jakarta--- BRIsyariah menandatangani nota kesepahaman bersama PP Muhammadiyah pada 16 Desember 2019. Penandatanganan tersebut dilakukan di Jakarta. Nota kesepahaman ditandatangani oleh Direktur…

Bluebird Group Gandeng HMD Global Hadirkan Pengalaman Mobile Bagi Pengemudi dan Konsumen

Senin, 16 Desember 2019 - 11:34 WIB

Bluebird Group Gandeng HMD Global Hadirkan Pengalaman Mobile Bagi Pengemudi dan Konsumen

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Bluebird Group akan mendapatkan harga khusus untuk sejumlah tipe smartphone Nokia guna memastikan para pengemudi mendapatkan teknologi yang mereka perlukan…

Toni EB Subari, Direktur Utama Mandiri Syariah bersama Muhammadiyah

Senin, 16 Desember 2019 - 10:56 WIB

Mandiri Syariah Salurkan Pembiayaan Senilai Rp1,5 Triliun ke Muhammadiyah

Jakarta-PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) perkuat kerja sama dengan Muhammadiyah melalui penyediaan fasilitas pembiayaan senilai total Rp1,5 triliun.

Oppo F11 Pro

Senin, 16 Desember 2019 - 10:18 WIB

Gandeng OkeShop dan Global Teleshop, OPPO Buka 6 Gerai Dengan Konsep Baru di 3 Kota

Dipenghujung tahun 2019, OPPO kian agresif mendekatkan diri kepada konsumenya dengan menggandeng OkeShop dan Global Teleshop untuk menghadirkan toko konsep baru yang dibuka secara serentak pada12…