Kemendag Akan Kaji Ulang Rencana Penurunan Bea Keluar CPO

Oleh : Hariyanto | Selasa, 09 Januari 2018 - 10:09 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY co.id -Jakarta - Kementerian Perdagangan akan segera mengkaji ulang rencana penurunan bea keluar CPO seperti halnya niat pemerintah Malaysia.

"Kami menyepakati mengenai bagaimana menyikapi Malaysia. Kan Malaysia juga mengusulkan mengenai bea ringan," kata Mendag, Enggartiasto Lukita usai menghadiri Rakor Kelapa Sawit di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Senin (8/1/2018).

Sebelumnya, Kemendag berencana untuk menurunkan bea keluar (BK) minyak sawit mentah yang akan diberlakukan pada Januari 2018. Rencana pemerintah tersebut telah memperhatikan berbagai rekomendasi yang akhirnya menetapkan harga BK 0 untuk harga referensi US$697,34/MT.

Penetapan itu tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 98 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) atas Produk Pertanian dan Kehutanan yang Dikenakan Bea Keluar.

Lebih lanjut Enggar mengatakan, kebijakan Malaysia tersebut akan disikapi pemerintah dengan menunda agenda pertemuan tingkat menteri yang sedianya digelar pada 11-12 Januari 2018. "Kami mengusulkan pertemuan 11-12 Januari itu ditunda saja dahulu," ucapnya.

Dia mengaku, penundaan pertemuan yang akan membahas kelapa sawit nasional itu telah mempertimbangkan beberapa catatan dari Kemenko Perekonomian. 

"Ada beberapa catatan yang harus kami minta. Dari pada kita datang ke pertemuan, tetapi kami belum siap?," kata Enggar.

Namun demikian, jelas dia, Kemendag belum bisa mempublikasikan sejumlah catatan terkait penundaan pertemuan tingkat menteri yang akan membahas subsektor kelapa sawit nasional itu. "Catatannya ada di Pak Menko (Menko Perekonomian, Darmin Nasution). Kami dilarang mendahului," tegas Enggar. (hid)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Klaster Pangan (Photo by iNews)

Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:10 WIB

Lewat Corporate Farming, Klaster Pangan BUMN Bersinergi Genjot Produktivitas Pertanian

Dalam rangka peningkatan produktivitas pertanian, PT Sang Hyang Seri (Persero) (SHS), PT Pertani (Persero), dan Klaster Pangan BUMN menjalin kerjasama pengembangan pertanian di lahan HGU SHS…

Dirjen IKMA Kemenperin Gati

Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:00 WIB

Kemenperin Fasilitasi Perlindungan KI untuk Pelaku Industri Kecil dan Menengah

Kementerian Perindustrian terus fokus pada pengembangan industri kecil dan menengah (IKM), termasuk memfasilitasi para pelaku IKM dalam hal perlindungan kekayaan intelektual (KI). Dirjen IKMA…

CIMB Niaga Syariah

Sabtu, 11 Juli 2020 - 21:15 WIB

CIMB Niaga Syariah Serahkan Bantuan Ambulans untuk Warga Bandung Barat

Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans bagi warga Desa Puncaksari, Sindangkerta.

Kunjungan Menteri Edhy Prabowo ke PT Japfa Comfeed Indonesia

Sabtu, 11 Juli 2020 - 20:15 WIB

Genjot Budidaya Ikan, Menteri Edhy Prabowo Kunjungi PT Japfa Comfeed Indonesia

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, mengunjungi PT Iroha Sidat Indonesia (ISI) yang merupakan bagian dari PT Suri Tani Pemuka, anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia…

Schneider Electric

Sabtu, 11 Juli 2020 - 19:15 WIB

Schneider Gandeng Infrastructure Masons Perkuat Industri Infrastruktur Digital

Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, mengumumkan kemitraannya dengan Infrastructure Masons (iMasons), sebuah asosiasi profesional…