Aktivitas Kontainer Pelabuhan Baubau Sultra Capai 18.000 Unit

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 Januari 2018 - 14:34 WIB

Ilustrasi kapal (Ist)
Ilustrasi kapal (Ist)

INDUSTRY.co.id - Baubau- Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Murhum Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) sepanjang tahun 2017 mencapai 18.000 unit lebih.

Jumlah itu, dibandingkan dengan tahun 2016 terjadi peningkatan yang hanya sebesar 13.000 unit lebih dengan hitungan tiba dan berangkat.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas I Baubau, M Tohir, di Baubau, Kamis (4/1/2017) mengatakan, setiap bulannya peti kemas yang tiba maupun berangkat mencapai ratusan unit.

"Ada beberapa perusahaan yang mengelola peti kemas, seperti Spil, Mentari, Sril termasuk kapal tol laut," ujar M Tohir.

Ia mengatakan, aktivitas peti kemas dalam melakukan bongkar muat disesuaikan dengan kondisi kapal. Termasuk dalam beraktivitas diterminal peti kemas diharuskan mengutamakan keselamatan agar tidak membahayakan.

"Kami mengingatkan agar selalu berhati-hati karena kontainer bukan barang enteng. Makanya sebelum beraktivitas kami selalu mengimbau agar tidak lupa memeriksa peralatan, baik mesin maupun kelengkapan lainnya," ujarnya (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…