Tingginya Cadangan dan Apresiasi Ringgit Berpotensi Tekan Harga CPO Malaysia

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 05 Januari 2018 - 13:47 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) Malaysia diperkirakan bakal kembali tertekan pada perdagangan Jumat (05/01/2018) akibat tingginya cadangan CPO Malaysia tersebut serta menguatnya kurs Ringgit Malaysia (RM).

Harga CPO Malaysia pada perdagangan Jumat (05/01/2018) ini diperkirakan bakal bergerak pada kisaran RM2.475-2600 per ton. Kendati demikian, harga minyak nabati yang berasal dari kelapa sawit tersebut cenderung melemah akibat kecemasan yang muncul di pasar.

Menurut data CIMB Equities Research, cadangan CPO Malaysia diprediksi naik 6% menjadi 2,7 juta ton pada Desember 2017 dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 2,56 juta ton.

“Prediksi tersebut menimbulkan kecemasan para pelaku pasar terhadap harganya yang berpotensi turun akibat kelebihan pasokan di pasar,” ujar Faisyal, analis bursa komoditas PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Jumat (05/01/2018).

Sementara itu, CIMB Futures mengungkapkan, produksi CPO tersebut berpotensi turun 5% pada Desember 2017 dibandingkan bulan sebelumnya, tetapi ekspornya berpeluang naik 8% di sepanjang periode tersebut akibat tingginya permintaan dari India dan Uni Eropa.

Pada pukul 11:05 WIB, kurs RM menguat 0,2% ke posisi 3,9960 per dolar AS. Penguatan RM ini sangat dicemaskan pelaku pasar. Pasalnya, apresiasi RM tersebut akan membuat harga CPO menjadi mahal untuk pemilik mata uang lainnya.

Menurut Faisyal, harga CPO Malaysia tersebut bakal turun jika sudah menyentuh RM2.525 per ton. Penurunan tersebut diperkirakan bakal terus terjadi hingga mencapai RM2.475 per ton.

“Demikian pula sebaliknya, jika mencapai level RM2.570 per ton, maka harga komditas sawit tersebut dapat terus meluncur naik hingga ke level RM2.600 per ton,” imbuh Faisyal. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danrem Merauke Gunakan Panser Anoa Kunjungi Mapolres Timika

Jumat, 03 Juli 2020 - 05:00 WIB

Danrem Merauke Gunakan Panser Anoa Kunjungi Mapolres Timika

Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko menggunakan Panser Anoa milik Detasemen Kavaleri 3/Serigala Ceta dalam rangka menghadiri HUT Bhayangkara…

Pasukan Garuda Kongo Gelar Latihan Batalyon Mobile Reserve di Blue Line

Jumat, 03 Juli 2020 - 05:00 WIB

Pasukan Garuda Kongo Gelar Latihan Batalyon Mobile Reserve di Blue Line

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis (Yonmek) TNI Konga XXIII-N/UNIFIL atau Indobatt menggelar latihan kesiapsiagaan Batalyon Mobile Reserve (BMR) dari Kompi Delta secara…

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono,M.Tr (Han)

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:30 WIB

Dankormar Dukung Prajurit Marinir Ikuti Kemajuan Teknologi

- “Kalian harus terus mengisi dan mengembangkan diri dengan ilmu serta mampu mengikuti perkembangan teknologi saat ini dan yang akan datang”, ucap Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor…

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:30 WIB

Bisnis Pontang-panting, Pengusaha Butuh Stimulus Modal Kerja Rp 600 Triliun

"Kami hitung bersama dengan Kadin untuk sektor tekstil, transportasi, dan sektor manufaktur lainnya itu membutuhkan bantuan modal usaha sebesar Rp 600 triliun untuk setahun,"

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:00 WIB

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Tingkatkan disiplin masyarakat terhadap Covid-19, prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan XII) Pontianak bersama unsur TNI - Polri dan Gugus Tugas Penanganan Percepatan…