Menkeu: Proses Perundingan Dengan Freeport Tidak Ada Kendala

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Januari 2018 - 10:38 WIB

Menkeu Sri Mulyani- CEO Freeport-McMoran Richard Adkerson- Menteri ESDM Ignasius Jonan (Foto Ist)
Menkeu Sri Mulyani- CEO Freeport-McMoran Richard Adkerson- Menteri ESDM Ignasius Jonan (Foto Ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, proses perundingan dengan PT Freeport Indonesia masih terus berjalan dan tidak menemui kendala.

"Kita masih sesuai dengan target yaitu melakukan empat hal, yakni mengenai divestasi, pembangunan smelter, kepastian dari investasi dan penerimaan negara perpajakan, dan perpanjangan operasi," papar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Sri Mulyani mengatakan, mengenai perpanjangan operasi, nantinya akan dikaitkan dengan izin usaha pertambangan. Nantinya akan mencakup dan memasukan seluruh pokok-pokok kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Freeport Indonesia.

Ia menambahkan, untuk pembangunan smelter pemerintah akan memastikan jangka waktunya. Sementara mengenai hal investasi dan penerimaan negara, pemerintah akan menekankan bagaimana meningkatkan pembayaran royalti pajak daerah dan pusat.

"Kemudian mengenai divestasi, kita juga melakukan detail dan langkah-langkah sampai kepada tahun dan kapan melakukan eksekusinya," tambah Sri Mulyani.

Sementara terkait divestasi, Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan bahwa pihaknya berharap PT Freeport Indonesia melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offeting/IPO) di Bursa Efek Indonesia. "Kasih kesempatan masyarakat miliki saham mereka," katanya.

Tito mengatakan, pihaknya juga sempat melakukan pembicaraan dengan pihak Freeport Indonesia untuk melepas sebagian sahamnya ke publik melalui mekanisme IPO. "Secara prinsip, Freeport mau," ucapnya. (tar)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…