Pertumbuhan Manufaktur Besar-Sedang Triwulan Tiga Naik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 27 Desember 2017 - 09:30 WIB

Ilustrasi pabrik Semen Bosowa. (Foto: IST)
Ilustrasi pabrik Semen Bosowa. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Makassar- Badan Pusat Statitistik (BPS) Sulawesi Selatan mencatat angka pertumbuhan industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan III/2017 mengalami kenaikan 0,81 persen dibandingkan dengan triwulan II/2017.

"Berdasarkan data `q to q` antara triwulan III dan triwulan II itu ada kenaikan dan kenaikannya tidak terlalu besar tapi masih cukup bagus," ujar Kepala BPS Sulsel Nursam Salam di Makassar, kemarin.

Dia menjelaskan, pertumbuhan produksi Industri manufaktur besar dan sedang secara tahunan (y on y) pada triwulan III tahun 2017 naik sebesar 3,26 persen terhadap triwulan III tahun 2016.

Capaian pertumbuhan industri manufaktur besar dan sedang Sulawesi Selatan ini berada di bawah pertumbuhan nasional yang sebesar 5,51 persen pada periode yang sama.

Dia menyebutkan jenis-jenis manufaktur besar dan sedang yang mengalami kenaikan pertumbuhan produksi pada triwulan IIIV/2017 adalah industri kayu.

Pada industri kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furnitur) dan barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya, mengalami kenaikan sebesar 6,44 persen. Begitu juga dengan industri barang galian bukan logam, naik sebesar 3,98 persen.

"Kenaikan pada industri kayu ini cukup bagus secara q to q dan jumlahnya itu mencapai 6,44 persen. Kemudian ada industri barang galian yang bukan logam juga naik 3,98 persen," katanya.

Nursam mengaku jika industri manufaktur di Indonesia menjadi salah satu pendorong dalam pertumbuhan ekonomi, baik secara domestik maupun nasional. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…

BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran BNI Java Jazz Festival pada 24 - 26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Java Festival Production.

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:48 WIB

BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, yang…

Salah satu lini bisnis MPMX

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:40 WIB

MPMX Catat Pendapatan Bersih Capai Rp3,9 Triliun di Kuartal I-2024

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) sukses mencatat pertumbuhan pendapatan bersih mencapai Rp3,9 triliun di kuartal I-2024, atau naik 3% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama…