Berkunjung ke Cirebon, Yuk! Mencicipi Kuliner Empal Gentong H. Apud

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 Desember 2017 - 09:41 WIB

Kuliner Empal Gentong H. Apud Cirebon (Foto Dije)
Kuliner Empal Gentong H. Apud Cirebon (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Cirebon-Berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner khas di daerah tersebut. Salah satunya, jika berkunjung ke Kota Cirebon jangan sampai lupa mencicipi kuliner khasnya yaitu Empal Gentong.

Cirebon memang kota yang terkenal dengan udangnya tetapi, juga terkenal kuliner Empal Gentongnya juga. Salah satunya, jika Anda berniat mencicipi Empal Gentong yang melegenda di Cirebon, bisa mengunjungi ke Empal Gentong H. Apud.

Empal Gentong H. Apud, terletak di Jalan Raya. Irm H. Djuanda No. 24, Battembat, Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat. Tim Industry.co.id bersama tim dari Kementerian Pariwisata dan Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berkesempatan untuk mencicipi si kuliner yang melegenda ini.

Berdiri sejak tahun 1994, Empal Gentong H. Apud tak pernah sepi pengunjung hingga saat ini. Menurut Regina, salah satu tour guide Kami selama di Cirebon mengatakan, Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas Cirebon. Makanan ini berkuah, karena masaknya di gentong jadi namanya Empal Gentong.

"Kenapa dinamakan Empal Gentong sejenis makanan berkuah, karena dulu belum ada panci, makanya masaknya secara tradisional, yakni di gentong," cerita Regina, di Cirebon, Jumat (22/12/2017).

Selain memasak dengan gentong, makanan ini juga dimasak menggunakan kayu bakar yang berbeda dengan kayu bakar lainnya.

"Dari dulu juga masaknya juga sudah tradisional, selain pakai gentong juga pakai kayu bakar. Kayunya khusus yakni dari kayu asem. Karena, ada aromanya yang terkandung yang bisa meresap ke gentong yang membuat kuahnya mempunyai aroma yang khas," jelas Regina.

Empal Gentong H. Apud sendiri menggunakan daging sapi yang masih fresh yang dipotong di tempat penjagalan hewan.

Untuk menunya, selain Empal Gentong ada juga Empal Asem, Sate Kambing muda, Nasi Lengko dan Tahu Gejrot. Untuk harga Empal Gentong dapat dibanderol Rp 22 ribu, Empal Asem seharga Rp 22 ribu, untuk Sate Kambing Muda Rp 40 ribu dan, Nasi Lengko Anda bisa menikmati dengan cukup membayar Rp 15 ribu.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

Jumat, 19 Juli 2019 - 21:00 WIB

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

EKI Dance Company menggelar EKI Update 4.1 yang menyuguhkan tampilan ala Broadway dengan bumbu drama komedi yang dijamin menghibur penonton.

Inovasi dan kreasi tanpa henti merupakan ciri khas Enesis Group

Jumat, 19 Juli 2019 - 20:47 WIB

Matikan Kuman Dalam Empat Detik, Ternyata ini Rahasia Antis Jasmine Tea

Jakarta-Setelah sukses sebagai pelopor hand sanitizer di Indonesia dengan Antis aroma Timun dan Jeruk Nipis, Enesis Group (PT. Herlina Indah) kembali melakukan terobosan dengan meluncurkan varian…

Test Drive Mobil Elektrifikasi Toyota

Jumat, 19 Juli 2019 - 19:30 WIB

Gelar Test Drive, TAM Ajak Awak Media Rasakan Performa Mobil Elektrifikasi

PT Toyota-Astra Motor (TAM) hari ini, Jumat (19/7), menggelar test drive mobil elektrifikasi yang teknologinya telah dikembangkan Toyota Global di Kawasan QBig BSD City, Tangerang.

Keikutsertaan Suzuki di GIIAS 2019

Jumat, 19 Juli 2019 - 19:05 WIB

Usung Tema The Rise of Urban Adventure, Suzuki Hadirkan Suguhan Menarik di GIIAS 2019

Selama penyelenggaraan GIIAS dari 18-28 Juli 2019, Suzuki akan menyapa konsumen otomotif Indonesia lewat booth yang bertemakan The Rise of Urban Adventure.

 Trafik Penggunaan Meningkat Tajam XL Axiata Terus Perluas Jaringan Data di Kalimantan

Jumat, 19 Juli 2019 - 18:00 WIB

Trafik Penggunaan Meningkat Tajam XL Axiata Terus Perluas Jaringan Data di Kalimantan

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun jaringan data 4G LTE di Kalimantan. Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata…