Berkunjung ke Cirebon, Yuk! Mencicipi Kuliner Empal Gentong H. Apud

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 Desember 2017 - 09:41 WIB

Kuliner Empal Gentong H. Apud Cirebon (Foto Dije)
Kuliner Empal Gentong H. Apud Cirebon (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Cirebon-Berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner khas di daerah tersebut. Salah satunya, jika berkunjung ke Kota Cirebon jangan sampai lupa mencicipi kuliner khasnya yaitu Empal Gentong.

Cirebon memang kota yang terkenal dengan udangnya tetapi, juga terkenal kuliner Empal Gentongnya juga. Salah satunya, jika Anda berniat mencicipi Empal Gentong yang melegenda di Cirebon, bisa mengunjungi ke Empal Gentong H. Apud.

Empal Gentong H. Apud, terletak di Jalan Raya. Irm H. Djuanda No. 24, Battembat, Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat. Tim Industry.co.id bersama tim dari Kementerian Pariwisata dan Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berkesempatan untuk mencicipi si kuliner yang melegenda ini.

Berdiri sejak tahun 1994, Empal Gentong H. Apud tak pernah sepi pengunjung hingga saat ini. Menurut Regina, salah satu tour guide Kami selama di Cirebon mengatakan, Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas Cirebon. Makanan ini berkuah, karena masaknya di gentong jadi namanya Empal Gentong.

"Kenapa dinamakan Empal Gentong sejenis makanan berkuah, karena dulu belum ada panci, makanya masaknya secara tradisional, yakni di gentong," cerita Regina, di Cirebon, Jumat (22/12/2017).

Selain memasak dengan gentong, makanan ini juga dimasak menggunakan kayu bakar yang berbeda dengan kayu bakar lainnya.

"Dari dulu juga masaknya juga sudah tradisional, selain pakai gentong juga pakai kayu bakar. Kayunya khusus yakni dari kayu asem. Karena, ada aromanya yang terkandung yang bisa meresap ke gentong yang membuat kuahnya mempunyai aroma yang khas," jelas Regina.

Empal Gentong H. Apud sendiri menggunakan daging sapi yang masih fresh yang dipotong di tempat penjagalan hewan.

Untuk menunya, selain Empal Gentong ada juga Empal Asem, Sate Kambing muda, Nasi Lengko dan Tahu Gejrot. Untuk harga Empal Gentong dapat dibanderol Rp 22 ribu, Empal Asem seharga Rp 22 ribu, untuk Sate Kambing Muda Rp 40 ribu dan, Nasi Lengko Anda bisa menikmati dengan cukup membayar Rp 15 ribu.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Konsep Micro Farming

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:45 WIB

Micro Farming Solusi Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Micro farming adalah pertanian keluarga dengan memanfaatkan lahan terbatas di pekarangan atau sekitar rumah dengan budidaya pertanian produktif

Pemakaman Pasien Covid-19

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:15 WIB

Gawat! Kasus Kematian Covid-19 di Jatim Makin Mendekati DKI Jakarta

Kasus kematian akibat pandemi virus corona (COVID-19) di Jawa Timur kembali melonjak pada hari ini.

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:00 WIB

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Komandan beserta Perwira Staf Mako Brigif 2 Marinir melaksanakan latihan memanah dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan memanah bagi Perwira Brigif 2 Marinir di Bhumi Marinir Gedangan,…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Minggu, 31 Mei 2020 - 17:30 WIB

Anies Ingatkan ASN: Didepan Seragam Kita Ada Simbol Negara, Tugas Kita Menomorsatukan Rakyat Daripada Diri sendiri

"Saya ingatkan kepada kita semua, di sisi depan baju seragam kita ada simbol abdi negara. Itu bukan sekedar ornamen seragam, itu adalah wujud sikap kita. Kita adalah penyelenggara negara,"

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Doc: Kementan)

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:31 WIB

Nambah Pendapatan Sumber Pangan Bikin Geleng-geleng Kepala

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan kekhawatiran sumber pangan. Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan sebagai komitmen…