Kemenperin Serahkan Sertifikat OVNI Untuk Empat Kawasan Industri dan Delapan Perusahaan Industri

Oleh : Ridwan | Jumat, 22 Desember 2017 - 08:25 WIB

Sekjen Kemenperin, Haris Munandar saat memberikan sertifikat OVNI (Foto: Humas)
Sekjen Kemenperin, Haris Munandar saat memberikan sertifikat OVNI (Foto: Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam rangka mewujudkan industri nasional sebagai pilar dan penggerak ekonomi di masa depan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan Sertifikat Objek Vital Nasional Sektor Industri (OVNI) untuk delapan perusahaan industri dan empat kawasan industri.

Ini membuktikan bahwa pemerintah memberikan dukungan keamanan terhadap industri dan kawasan industri yang dinilai vital.

"Keamanan dan rasa aman merupakan salah satu kunci dan syarat keberhasilan suatu negara dalam pengembangan ekonomi," ujar Sekjen Kemenperin, Haris Munandar di Jakarta (21/12/2017).

Menurutnya, peningkatan pengamanan bagi kegiatan usaha ini akan berdampak penting terkait penilaian dunia terhadap posisi Indonesia.

Dalam salah satu sub-index pada pilar Institusi dari penilaiaan Global Competitiveness Index(GCI) oleh WEF, Indonesia mengalami peningkatan pada aspek Business cost of terrorism(dari peringkat 115 pada tahun 2016 menjadi peringkat 112 pada tahun 2017) dan Business cost of crime and violence(dari peringkat 102 menjadi peringkat 88).

Perbaikan dari aspek tersebut setidaknya mampu mendorong perbaikan posisi daya saing Indonesia. "Dalam beberapa tahun terakhir, investasi di sektor industri pengolahan nonmigas juga terus mengalami peningkatan," ungkap Haris.

Hal ini tentunya sangat didukung oleh tingkat keamanan dan kenyamanan dalam melakukan investasi di Indonesia.

Penetapan objek vital nasional sektor industri merupakan amanat dari Keputusan Presiden Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pengamanan Objek Vital Nasional, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pembangunan Sarana dan Prasarana Industri.

Sampai dengan tahun 2016, telah ditetapkan 64 objek perusahaan industri dan 15 objek kawasan industri yang telah ditetapkan sebagai OVNI sesuai Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 541 Tahun 2015.

"Sedangkan untuk tahun 2017, ditetapkan delapan perusahaan industri dan empat kawasan industri sebagai OVNI," tutur Haris.

Adapun penerima sertifikat OVNI untuk Perusahaan Industri yaitu, Energi Sejahtera Mas, Nagamas Palm Oil Lestari, Ivo Mas Tunggal, Pelita Agung Agri Industri, Permata Hijau Palm Oleo, Holcim Indinesia, Tbk Pabrik Cilacap, Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Tuban, serta Cemindo Gemilang.

Sedangkan penerima sertifikat OVNI untuk Kawasan Industri yaitu, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), Kawasan Industri Dumai, Indo tasei Development, serta Mega lopolis Manunggal Industrial Development (PT Bekasi Fajar Industrial Estate, Tbk. PT Bekasi Matra Industrial Estate dan PT Surya Pratama).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.