Kabupaten Enrekang, Siap Gelar Festival Bumi Kopi Massenrepulu

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 13 Desember 2017 - 19:15 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Enrekang - Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan besok, Kamis (14/12/2017) hingga 17 Desember 2017 akan menggelar Festival Bumi Kopi Massenrepulu.

Uniknya, kegiatan ini dilakukan di lokasi  permaianan yang mamacu adrenalin peserta di dalam sungai yakni river tubing di Sungai Mata Allo Kecamatan Baraka, Enrekang.

"Permainan ini dimainkan secara berkelompok, dan akan dilombakan dengan empat kelas, yakni Slalom, head to head, down river race, dan time trial," kata Koordinator Seksi Penyelenggara Festival Kopi Bumi Massenrempulu 2017, Agil Valentino, seperti dikutip dari antara, Rabu (13/12/2017).

Selain itu yang tidak kalah menarik lainnya, kata dia, adalah lomba foto dengan tema "Wajah Massenrempulu".

Untuk lomba foto ini, lanjut dia, setiap peserta lomba diberi kebebasan dan keleluasaan untuk mencitrakan bumi Massenrempulu dari berbagai sisi, dengan kategori lomba untu umum dan pelajar.

Kegiatan yang digelar selama empat hari ini juga akan menampilkan pemilihan Duta Wisata Enrekang 2017.

Menurut Agil, pemilihan duta ini diselenggarakan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang dan merupakan ajang pemilihan putera-puteri asli Enrekang.

"Tujuannya untuk menjadikan budaya Massenrempulu sebagai daya tarik dan kekuatan kepariwisataan Enrekang dalam rangka memperkenalkan destinasi wisata, seni dan budaya," ujarnya.

Selain itu, panitia juga menyiapkan agenda wisata kebun kopi dan festival kopi seperti lomba foto, kompetisi Brewers Cup, kompetisi river tubing, pameran hasil komoditi kopi dari produsen dan kelompok usaha," katanya.

Dia menjelaskan khusus pameran kopi nanti dipamerkan berbagai komoditas kopi Enrekang mulai dari green bean (mentah) sampai proses penyeduhannya.

Di ajang spesial ini, kata dia, kegiatan pameran akan melibatkan para pemilik cafeshop yang tujuannya untuk memperkenal kopi Kalosi Enrekang serta kegiatan pameran perlengkapan perkopian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atal S Depari Ketua PWI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 07:00 WIB

Ketum PWI: Secara Konstitusional Belum Ada yang Terpilih Sebagai Presiden

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari menegaskan, sebenarnya sebelum perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai, belum ada yang terpilih sebagai Presiden…

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 06:26 WIB

Pemblokiran Jurdil2019.org Ciderai Demokrasi

Pemblokiran situs Jurdil2019.org oleh Kemenkominfo dan Bawaslu dinilai telah menciderai demokrasi, karena prosesnya tanpa peringatan terlebih dahulu. Telebih lagi, amanah UU mewajibkan pemerintah…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 23 April 2019 - 06:12 WIB

Kebijakan Fiskal Pemerintah yang Pruden Mendukung Pencapaian Target Pembangunan APBN 2019

Jakarta - Pelaksanaan APBN 2019 sampai dengan 31 Maret berjalan aman sesuai dengan kebijakan fiskal Pemerintah yang akan mendukung pencapaian target pembangunan APBN 2019. Hal ini disampaikan…

Diskusi hari bumi bersama BNI Syariah

Selasa, 23 April 2019 - 05:54 WIB

BNI Syariah Dukung UMKM Lakukan Green Activity

Jakarta - Dalam mendukung program Pemerintah yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals) dan Green Banking, BNI Syariah berupaya untuk mendorong pengusaha UMKM dalam menerapkan green activity.…

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…