Lindungi Pekerja Migran, BPJS Ketenagakerjaan Gandeng KBRI Singapura

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 11 Desember 2017 - 14:07 WIB

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, Menara Jamsostek, Kamis 23/3 (Fadli: Industry.co.id)
Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, Menara Jamsostek, Kamis 23/3 (Fadli: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - BPJS Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketegakerjaan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura memberikan jaminan sosial berupa asuransi untuk seluruh pekerja migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja (TKI) di Singapura.

Kerja sama ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangi Duta Besar RI untuk Singapura, I Ngurah Swajaya dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto (9/12).

Turut menyaksikan penandatanganan MoU itu adalah Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Hery Sudarmanto, dan Direktur Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri, Ditjen Pembinaan Penempatan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Kemnaker, Soes Hindarno.

I Ngurah Swajaya mengatakan, jumlah PMI atau TKI di Singapura sebanyak 130.000 orang dimana sebanyak 100.000 orang PMI yang bekerja di darat (biasa) dan 30.000 orang PMI bekerja sebagai pelaut. “Saya berharap perlindungan sosial yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan ini juga mencakup pelaut ini,” kata Ngurah.

Sedangkan Hery Sudarmanto menegaskan, hal penting yang diatur dalam UU 18 / 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia adalah meningkatkan perlindungan untuk TKI di luar negeri. Peningkatan perlindungan yang dimaksud, kata Hery, adalah, pertama, penguatan semua Atase Ketenagakerjaan di seluruh KBRI di semua negara penempatan TKI. “Semua atase ketenagakerjaan harus memberikan pelayanan yang maksimal untuk TKI, serta memberikan data yang benar dan lengkap kepada pemerintah pusat di Jakarta,” kata dia.

Kedua, penguatan pemerintah daerah seperti pelayanan satu atap untuk TKI dan penyelenggaraan desa migran produktif (Desmigratif). Ketiga, mengganti penyelenggaraan asuransi TKI di luar negeri dari konsorsium asuransi swasta ke BPJS Ketenagakerjaan. “Pemerintah yakin asuransi TKI ditangani BPJS Ketenagakerjaan maka klaim asuransi TKI dipermudah, dan tidak ada lagi TKI yang ditipu,” kata dia.

Sebagaimana diberitakan, sejak 1 Agustus 2017, sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 07 tahun 2017, BPJS Ketenagakerjaan mengemban tugas baru sebagai penyelenggara program perlindungan sosial (asuransi) bagi PMI yang telah diluncurkan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Peluncuran ini menandai semakin meluasnya cakupan pekerja yang mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, di luar pekerja penerima upah (PU) atau pekerja formal dan pekerja bukan penerima upah (BPU) atau pekerja informal yang sebelumnya sudah wajib dilindungi.

Agus mengatakan, kerja sama dengan KBRI Singapura ini bertujuan untuk mensinergikan kewenangan para pihak dalam rangka mengoptimalkan perlindungan dan pelayanan program jaminan sosial Ketenagakerjaan. Sinergi yang dijalin juga dalam hal integrasi database PMI yang ada di KBRI dengan data milik BPJS Ketenagakerjaan dan pemanfaatan sistem Smart Embassy milik KBRI Singapura.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Melalui Sertifikasi B Corp, Xurya menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, baik dalam aspek lingkungan maupun sosial.

Senin, 29 April 2024 - 21:56 WIB

Perusahaan Energi Terbarukan Indonesia, Xurya, Raih Sertifikasi B Corp

Menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, Xurya menjadi salah satu pionir perusahaan energi terbarukan di Indonesia yang Tersertifikasi B Corp.

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Lindungi Hak Pekerja dalam Bisnis'. (FMB9)

Senin, 29 April 2024 - 20:40 WIB

Perpres 60/2023, Pemerintah Dorong Bisnis Ramah HAM & Kesejahteraan Pekerja

Jakarta, FMB9 - Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia sebagai respons terhadap kebutuhan akan perlindungan…

Direksi BNI usai paparan kinerja

Senin, 29 April 2024 - 18:33 WIB

BNI Raih Laba Bersih Rp5,33 Triliun Kuartal I 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif dan berkelanjutan pada periode awal tahun 2024.

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…

Industri logam dan baja

Senin, 29 April 2024 - 17:35 WIB

Mantaps! Industri Manufaktur RI 'Kokoh' di Tengah Ketidakstabilan Kondisi Ekonomi Global

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan April 2024 masih ekspansi 52,3, turun sebesar 0,75 poin dibandingkan Maret 2024 sebesar 53,05, meskipun ekspansinya melambat, hal ini merupakan sinyal…