Indonesia Bawa pulang Tiga Proyek di LafargeHolcim Award 2017

Oleh : Ridwan | Sabtu, 09 Desember 2017 - 08:26 WIB

Penghargaan LafargeHolcim Award 2017
Penghargaan LafargeHolcim Award 2017

INDUSTRY.co.id - Jakarta, LafargeHolcim Awards 2017 untuk Asia Pasifik telah digelar dengan tiga proyek dari Indonesia membawa pulang masing-masing Silver Award dalam kategori utama, Acknowledgement Award, dan Next Generation.

Ketiga pemenang fokus pada peningkatan kualitas edukasi melalui keterlibatan masyarakat dan meningkatkan kondisi lingkungan secara berkelanjutan.

Tiga pemenang dalam LafargeHolcim Awards 2017, untuk kategori Silver Award yakni proyek SHAU dari Bandung yang membuat perpustakaan mikro di Indonesia. Kategori Acknowledgement Award diraih oleh Pppooolll Architects dari Jakarta. Sedangkan untuk kategori Next Generation Awards dimenangkan oleh Andi Subagio.

Seperti diketahui, LafargeHolcim Awards mengapresiasi konstruksi lebih dari hanya sekadar bangunan yang indah. LafargeHolcim Awards merupakan kompetisi paling bergengsi di dunia untuk desain berkelanjutan.

Kriteria kompetisi berhadiah total USD 2 juta ini sama menantangnya dengan tujuan berkelanjutan itu sendiri. Kompetisi ini mencari proyek di tingkat desain lanjutan, bukan karya akhir.

Kompetisi ini memberikan pengakuan terhadap desain yang melampaui standar saat ini, menonjolkan respons berkelanjutan atas berbagai isu teknologi, lingkungan, sosial ekonomi, dan budaya yang memengaruhi konstruksi kontemporer, dan menawarkan.

Gunawan Tjahjono yang merupakan salah satu juri di LafargeHolcim Awards mengatakan, kompetisi ini memberikan pengakuan terhadap desain yang melampaui standar saat ini, menonjolkan respons berkelanjutan atas berbagi isu teknologi, lingkungan, sosial ekonomi, dan budaya yang memengaruhi konstruksi kontemporer.

"Kompetisi ini mencari proyek di tingkat desain lanjutan, bukan karya akhir," ungkap Gunawan di Jakarta (8/12/2017).

Meskipun ada tiga karya pemenang dari Indonesia, Gunawan berharap mereka bisa berlomba di acara lain. Tapi, ada hal yang paling terpenting, bagaimana membuat banyak kalangan arsitektur lainnya untuk berlomba seperti ini.

"Bagi yang sudah menang, maka bisa ikut award lain lagi. Hasilnya untuk masyarakat luas. Saya berharap tahun depan bisa disebarkan ke seluruh perguruan tinggi dan media sosia, pasti lebih banyak yang ikut serta," ujar Gunawan.

Suistanable Development Manager PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), Oepoyo Prakoso menambahkan, LafargeHolcim Awards telah dibuatkan kelima kalinya. Setiap tahunnya, banyak kalangan arsitektur yang mendaftar untuk ikut dalam perlombaan tersebut.

"Antusias di Indonesia sangat besar, dari 5.000 entry di seluruh dunia ada 400 submit dari Indonesia. Mereka datang dari Jakarta, Bandung, Aceh, Yogyakarta dan yang lainnya, dan Alhamdulillah Indonesia meraih 3 proyek," tutur Oepoyo.

Oepoyo berharap semoga ke depannya jumlah yang mendaftar dalam program LafargeHolcim Awards lebih bisa meningkat lagi. "LafargeHolcim kali ini memakan proses yang cukup lama, dari mulai opening tahun 2016, entry closing pada Maret 2017 dan pengumuman hadiah di November 2017," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Free Fire

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:43 WIB

AXE Gandeng EVOS Kembangan Atlet Esports Nasional Melalui Kompetisi Free Fire

AXE Indonesia berkolaborasi dengan EVOS Esports menggelar kompetisi Game Battle Royale Free Fire dengan mengusung tema #PialaHarumkanIndonesia. Kompetisi berskala nasional ini akan diselenggarakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat memberikan penghargaan kepada pemenang IGDS 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:15 WIB

Lewat IGDS 2019, Kemenperin Lahirkan Produk Industri Berkualitas Tinggi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya mendorong ekosistem industri kreatif Indonesia agar menghasilkan produk-produk dengan desain berkualitas. Hal ini guna meningkatkan citra positif…

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Senam Kebugaran Untuk Ibu-Ibu di Perbatasan RI-PNG

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:00 WIB

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Senam Kebugaran Untuk Ibu-Ibu di Perbatasan RI-PNG

Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad bekerjasama dengan Puskesmas…

Huawei Band 4

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:45 WIB

Resmi Hadir di Indonesia, Huawei Band 4 Dibanderol Seharga Rp 449.000

Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia meluncurkan perangkat¬†smart wearable, Huawei Band 4 ke pasar Indonesia¬†yang dipersenjatai dengan teknologi pengisian baterai USB dan terkoneksi…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:35 WIB

Airlangga Beri Sinyal Kuat untuk Rosan Isi Pos Menperin

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memberikan kode kepada Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani untuk bersiap memasuki periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf…