Pelaku Industri Bali Gratiskan Hotel untuk Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 27 November 2017 - 22:00 WIB

Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)
Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pelaku industri perhotelan di Bali memberikan kemudahaan dengan tarif gratis satu malam atau 1 "night free" dan diskon 50 persen untuk hari berikutnya kepada wisatawan yang terkena pembatalan penerbangan keluar Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/11/2017)  mengapresiasi inisiatif para pelaku industri di Bali dalam merespon kebijakan otoritas bandara yang menutup Ngurah Rai International Airport hingga 18 jam ke depan akibat letusan Gunung Agung.

"Keputusan itu sangat meringankan bagi wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) yang tidak bisa terbang karena bandara tutup," kata Arief Yahya.

Pelaku usaha (industri) pariwisata di Bali mulai memberikan bantuan kemudahan kepada wisatawan yang terdampak kebijakan pembatalan penerbangan karena ditutupnya Bandara Ngurah Rai Bali sejak Senin (27/11) pukul 07.15 WITA akibat terkena dampak erupsi Gunung Agung.

Untuk meringankan beban psikologis wisatawan, pelaku usaha biro (industri) perjalanan wisata (BPW) Bali juga telah menerjunkan para petugasnya untuk melakukan pendampingan kepada wisatawan hingga mereka memutuskan apakah tetap berlibur di Bali, melanjutkan ke destinasi lain, atau memutuskan untuk pulang.

Selain itu telah disiapkan 15 shelter atau "assembly point" untuk wisatawan yang terkena pembatalan agar tidak merasa bosan dan tetap nyaman selama tinggal di Bali.

Beberapa titik di antaranya di Grand Inna Bali Beach Hotel, ITDC Nusa Dua, Krisna Oleh-oleh Sunset Road, Krisna Wisata Kuliner, Taman Ayu, Bali Bird Park, Bali Adventure Tours, Bali Safari and Marine Park, Desa Wisata Kertalangu, True Bali Experience, Bencingah Puri Ubud, Pod Chocolate, Taman Sari, Ubud Adventure Center, dan Pod Chocolate Cafe Sunset.

TTC (Tim Crisis Center) atau Bali Tourism Hospitality (BTH) juga melaporkan, masing-masing perusahaan maskapai penerbangan telah bergerak cepat dalam menangani penumpang yang terpaksa batal "terbang" di antaranya ada yang memberikan fasilitas penginapan hotel bagi penumpang yang terpaksa memperpanjang lama tinggal.

"Ada yang memberi kompensasi uang, seperti dilakukan Jet Star, sebesar Rp150.000 kepada penumpang yang terkena cancel," katanya.

Untuk menghindari kekecewaan, bagi penumpang yang akan berangkat dari Jakarta menuju Bali, disarankan untuk mengalihkan perjalanan ke Bandara Djuanda Surabaya kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat menggunakan bus penjemputan yang sudah siap mengantarkan penumpang ke Bali.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pusdiklat Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Profesi London School of Public Relations Jakarta (LSP LSPR), menggelar workshop dan uji kompetensi untuk profesi Humas.

Senin, 16 September 2019 - 21:22 WIB

Pusdiklat Mahkamah Agung RI Gandeng LSP LSPR Gelar Uji Kompetensi Humas

Kredibiltas dan kompetensi profesi Humas merupakan salah satu kunci dalam membangun persepsi publik yang akan tercipta.

Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia

Senin, 16 September 2019 - 21:04 WIB

Klarifikasi Vape, Ini Penjelasannya

Terkait dengan pemberitaan yang simpang siur mengenai vape akhir-akhir ini maka kami dari Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) sebagai asosiasi terbesar di Indonesia yang menaungi sekitar…

Anang Hermansyah

Senin, 16 September 2019 - 21:00 WIB

Anang Kembali Jadi Juri Indonesian Idol

Sejak menjadi anggota DPRRI, Anang Hermansyah langsung menghilang dari gemerlapnya industri musik. Dan baru berani kembali di akhir jabatannya. "Secara etika sebagai anggota dewan, saya mesti…

Liga Volleyball: Mahasiswa 2019

Senin, 16 September 2019 - 20:00 WIB

Kemenangan Keempat Umika, Debut Kompetisi Menjanjikan TSM

Tim Trisakti School of Management (TSM) Jakarta mengawali hari terakhir LIMA Volleyball: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference Season 7 melawan Universitas Mitra Karya (Umika) Bekasi…

Bintang Puspayoga

Senin, 16 September 2019 - 18:00 WIB

Bintang Puspayoga Rilis Buku Sinergi Untuk Negeri

Bintang Puspayoga secara resmi merilis buku bertajuk Sinergi Untuk Negeri. Buku yang disusun tim yang diketuai Kabag Humas Kementerian Koperasi dan UKM Darmono itu merupakan buku yang menyajikan…