Lumajang, Puncak B-29 dan Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 13 November 2017 - 09:30 WIB

Pemandangan Alam dari Puncak B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Pemandangan Alam dari Puncak B-29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Lumajang - Untuk kedua kalinya, Saya bersama rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berkunjung ke Puncak B-29. Lokasi ini, menjadi salah satu destinasi favorit Saya, karena keindahan alamnya, cuacanya yang sejuk serta keramah-tamahan penduduk yang mayoritasnya adalah suku Tengger.

Terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Puncak B-29 berada pada ketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki keindahan yang tiada tara. Karena, dari B-29, para wisatawan bisa melihat fenomena alam dari ke lima gunung yakni Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Lemongan dan Gunung Raung.

Penampakan Gunung Semeru dari Puncak B-29, Lumajang Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Berbeda dengan perjalanan Saya sebelumnya, Kami semua berangkat dari Malang pukul 00.30 WIB dengan menaiki mobil menuju Lumajang. Sekitar lima jam perjalanan untuk menempuh ke Lumajang, dan sampai di Lumajang kira-kira pukul 04.00 WIB. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Desa Argosari, dan sampai di sana sekiranya pukul 05.00 WIB.

Kami semuanya memang berniat untuk mengejar matahari terbit, tetapi sayang sekali Kami semua tidak mendapatkan momen tersebut di puncak. Tetapi, kami melihatnya dari perjalanan di mobil. Tapi, tidak apa karena itu tidak kalah indah. Selama diperjalanan, kami semua disuguhkan pemandangan yang serba hijau, bukit yang ditanami tanaman sayur-sayuran, dan hawanya dingin namun sejuk sekali.

Sesampai dipermukiman penduduk, ojek-ojek pun sudah siap untuk membawa kami ke B-29. Dengan mengenakan seragam dan motornya, Bapak Kar (nama pengojek yang saya tumpangi) menancap gasnya melintasi bukit-bukit, serta tanaman khas yang ditanami oleh Penduduk Tengger.

Untuk menaiki ojek ini, para wisatawan hanya membayar Rp 75 ribu saja, dan itu termasuk berangkat dan pulang, serta para ojekpun setia menunggu kalian yang sedang berada di Puncak B-29.

Untuk mencapai puncak B-29, hanya sekitar 10 menit saja. Sesampai di sana, dingin tetapi untung saja ada matahari yang bersinar, jadi tidak terlalu dingin. Selain pemandangan Gunung Bromo, di sana terlihat juga sederetan Gunung Lemongan, Gunung Batok, Gunung Argopuro, Gunung Raung dan tentu saja Gunung Semeru.

Hawanya sangat dingin, sudah pakai dua lapis jaketpun dan sarung tangan masih tembus juga, tetapi tidak apa. Karena Kami semua disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

Destinasi Wisata di B-29, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Jika Anda ingin berkunjung ke Puncak B-29 ini, adapun bulan-bulan tertentu yang bagus untuk pergi ke sana, yakni pada bulan Mei hingga September karena cuaca relatif normal. Serta, jika ingin melihat bintang bertaburan di langit para wisatawan bisa berkemah dari malam hari.

Diketahui, puncak B29 ini masih termasuk dalam Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS). Kawasan tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu dari 10 Destinasi Prioritas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…