Tingkatkan Daya Saing Minyak Sawit Nasional, Ini 3 Permintaan GAPKI Pada Pemerintah

Oleh : Hariyanto | Minggu, 05 November 2017 - 09:12 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY co.id -Jakarta - Untuk meningkatkan daya saing minyak sawit nasional, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mengajukan tiga permintaan kepada pemerintah. Salah satunya adalah perluasan ekspor.

"Salah satu permintaan adalah Pemerintah Indonesia melakukan perluasan ekspor ke negara-negara tujuan non-tradisional guna mempertahankan posisi Indonesia sebagai pemimpin pasar minyak sawit di dunia," kata Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono di Jakarta, Jumat (3/11/2017) kemarin.

Joko mengatakan, daya saing dan produktivitas akan menjadi esensi persaingan di masa depan. Yang memproduksi paling banyak dan berdaya saing maka akan menjadi pemenang dan pemenuhan prinsip berkelanjutan lestari (sustainability) merupakan salah satu penentu daya saing.

"Untuk mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar, Pemerintah Indonesia perlu melakukan perluasan ekspor ke negara-negara tujuan non-tradisional," kata Joko.

Permintaan kedua, lanjut Joko, pihaknya mendorong pemerintah untuk meningkatkan iklim investasi, termasuk dengan mengkaji ulang sejumlah regulasi yang menimbulkan kendala bagi investasi. Ketiga, Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) harus diperkuat, terutama agar secara kelembagaan ISPO semakin diakui secara internasional dan dipercaya.

"ISPO harus merepresentasikan sektor kelapa sawit Indonesia. Petani skala kecil harus termasuk di dalamnya dan dibutuhkan dukungan maksimal dari pemerintah dan pemangku kepentingan, juga kerja sama antara perusahaan dan petani skala kecil adalah keharusan," ujar Joko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kawasan Industri Jababeka

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:20 WIB

Acting in Concert Picu Perubahan Pengendalian KIJA

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) berpotensi mengalami gagal bayar notes senilai USD300 juta. Karena terjadi perubahan pengendali sebagaimana dimaksud dalam perjanjian terkait dengan notes yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:05 WIB

Lampaui Rata-rata Nasional, Realisasi Anggaran Kemenperin 2018 Capai 92,28%

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengoptimalkan alokasi anggaran bagi organisasinya dalam rangka mendorong pengembangan industri nasional.

Danau Matano, Sulawesi Selatan. (Foto: IST)

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:00 WIB

Pemerintah Siapkan 10 Danau Dipersiapkan Sebagi Destinasi Pariwisata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merevitalisasi 10 di antara 15 danau prioritas yang dikembangkan sebagai destinasi pariwisata alam di Indonesia.

Adhi S lukman, Ketua Gabungan pengusaha makanan dan minuman indonesia ( Gapmmi )

Kamis, 18 Juli 2019 - 10:00 WIB

Industri Mamin Butuhkan Pasokan Garam Industri

- Industri makanan dan minuman sedang mengalami kekurangan pasokan garam industri, sedangkan stok saat ini untuk kebutuhan kurang dari satu bulan, kata Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman…

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Kamis, 18 Juli 2019 - 09:30 WIB

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Keberagaman kultur dan budaya yang tersebar di semua wilayah di Indonesia mengharuskan adanya sikap apresiasi dan saling menghormati sehingga tercipta situasi yang kondusif untuk pertumbuhan…