Menperin: Saya Senang Dengan Perkembangan Mobil Pedesaan

Oleh : Ridwan | Sabtu, 04 November 2017 - 08:05 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat mencoba Mobil Pedesaan Mahesa
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat mencoba Mobil Pedesaan Mahesa

INDUSTRY.co.id - Klaten, Dalam kunjungan kerjanya di Klaten, Jawa Tengah, Jum'at (3/11/2017), Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyempatkan diri melihat pabrik 'Kiat Motor' yang memproduksi mobil pedesaan buatan lokal Indonesia.

Bengkel motor milik Sukiyat ini telah merampungkan tiga prototipe yaitu mobil double cabin, mobil pick up, dan mobil peralatan pertanian yang diberi nama moda angkutan hemat pedesaan (Mahesa).

"Mobil yang di produksi dalam tiga tipe ini dirancang secara khusus untuk kebutuhan masyarakat desa yang bisa dikombinasikan dengan berbagai peralatan pengolahan hasil tani sehingga dapat membantu produktifitas petani," ujar Menperin.

Kiat Mahesa Nusantara adalah mobil yang hemat dan bermesin diesel 650cc. Mobil pedesaan buatannya ini akan dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau untuk para petani, masing-masing Rp50 juta, Rp60 juta, dan Rp70 juta.

"Harapan saya mobil ini dapat membantu kegiatan industri masyarakat di Yogyakarta, Solo, Klaten dan sekitarnya," tambah Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan, saya senang dengan perkembangan mobil pedesaan kiat motor ini. Sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo, produk ini akan diuji pasar terlebih dulu untuk selanjutnya dikembangkan secara bertahap selama 10 bulan kedepan di wilayah-wilayah pedesaan yang membutuhkan.

Sebelumnya, pada September 2017, Presiden Joko Widodo sempat meninjau bengkel kiat motor. Menurut Presiden, pemerintah mendukung kendaraan pedesaan Mahesa bisa diproduksi massal dengan harga kompetitif dan kualitas produksi yang baik.

"Pemerintah akan bantu dorong dari regulasinya, uji emisi, sertifikasi, dan mungkin dari pajaknya. Tetapi, pengembangannya tergantung pada pelaku industri. Pemerintah ingin industri nasional berkembang," ungkap Jokowi beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian saat ini terus memacu pengembangan kendaraan pedesaan agar segera diproduksi oleh industri dalam negeri.

Selain untuk memenuhi kebutuhan alat transportasi multiguna di sektor pertanian dan perkebunan, upaya ini juga guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat serta mewujudkan kemandirian penguasaan teknologi oleh anak bangsa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

Senin, 29 April 2024 - 16:38 WIB

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

Intelligent Transport System (ITS) Indonesia bekerja sama dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengadakan sesi pertemuan daring dengan ratusan calon investor bidang transportasi…

Lippo Karawaci Tbk

Senin, 29 April 2024 - 16:32 WIB

LPKR Incar Pertumbuhan Bisnis Pusat Perbelanjaan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR), platform real estat dan layanan kesehatan terkemuka di Indonesia, optimis mencatatkan pertumbuhan kinerja bisnis mal pada 2024, meneruskan tren positif pada tahun…

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian, Masrokhan

Senin, 29 April 2024 - 16:27 WIB

Di Hannover Messe 2024, Kemenperin Jalin Kerja Sama SDM Industri dengan Mitra Dunia

Peningkatan kerja sama di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) industri merupakan salah satu target keikutsertaan Indonesia di acara Hannover Messe 2024. Dalam pameran industri terbesar…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 29 April 2024 - 16:20 WIB

Hannover Messe 2024, Kemenperin Hasilkan 15 Perjanjian Kerjasama B2B Senilai Lebih Dari Rp5 Triliun

Gelaran Hannover Messe 2024 telah usai digelar pada Jumat (26/4/2024) kemarin. Keikutsertaan Indonesia dengan mengusung tema Infinite Journey pada pada pameran teknologi industri terbesar…

Kelas Pintar Bersama

Senin, 29 April 2024 - 16:02 WIB

Dorong UMKM Maksimalkan Pemasaran Digital, Kredit Pintar Gelar Workshop Kelas Pintar Bersama di Semarang

Di era pemasaran digital seperti sekarang ini, konten memiliki peran penting sebagai salah satu strategi untuk menggaet target market agar tertarik dengan jasa atau produk yang ditawarkan. Terlebih…