Potensi Energi Baru Terbarukan Cukup Melimpah di Sumbar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 02 November 2017 - 11:53 WIB

Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)
Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)

INDUSTRY.co.id - Padang- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menekankan masyarakat harus memahami bahwa energi terbarukan adalah masa depan ketahanan energi Indonesia, menggantikan energi fosil yang mulai merosot.

"Energi ini juga lebih ramah lingkungan dari pada energi yang berasal dari fosil seperti minyak dan batu bara. Patut untuk menjadi fokus untuk dikembangkan," kata dia di Padang, Kamis (2/11/20170 

Ia mengatakan itu dalam Seminar Dukungan Sektor Kehutanan dalam rangka Pengembangan Energi Terbarukan di Sumbar.

Menurut dia potensi energi terbarukan di daerah itu cukup banyak diantaranya air, biomassa, matahari, panas bumi, angin, gelombang laut, dan biogas.

Khusus untuk panas bumi berdasarkan penelitian terdapat 16 titik panas bumi pada tujuh kabupaten dan kota yang ada di daerah ini dengan total potensi energi listrik yang dapat dihasilkan mencapai 1.656 megawatt.

Sementara energi air untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH), Sumbar memiliki aliran sungai yang cukup banyak. Dukungan luas hutan untuk menjamin ketersediaan sumber air juga mencukupi.

Menurut data Dinas Kehutanan Sumbar, luas wilayah itu  4.228.730 hektar dan seluas   2.600.286 hektar diantaranya atau sekitar 61,48 % adalah kawasan hutan.

Namun sebagian besar potensi itu menurut dia, belum maksimal untuk dikembangkan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah daerah. Butuh dukungan investor agar bisa memberikan manfaat pada daerah dan masyarakat.

"Kini tinggal memberikan pemahaman pada masyarakat, bahwa Pemprov Sumbar serius mengembangkan potensi yang ada dan mengharapkan masyarakat ikut mendukung program tersebut," kata dia.

Salah satu bentuk keseriusan itu menurut dia adalah kesepahaman dengan Polda Sumbar untuk menjaga agar jangan ada pihak tidak bertanggung jawab mengganggu pengembangan energi terbarukan di provinsi itu.

Terkait seminar yang dilaksanakan, ia memberikan apresiasi, terutama untuk mensosialisasikan pentingnya energi terbarukan.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Hendri Oktavia mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi makin merosotnya ketahanan energi Indonesia yang selama ini ditopang energi fosil.

Ia mengatakan perlu perhatian khusus pada energi terbarukan terutama yang berbasis hutan untuk membantu kelangsungan energi itu. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.