77,9 Persen Kaner RSCM Datang Terlambat

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 14:52 WIB

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)
Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakata- Sebanyak 77,9 persen pasien kanker di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) datang berobat sudah dalam keadaan terlambat dan kanker berada pada stadium lanjut.

"77,9 persen pasien kanker serviks di RSCM datang pada stadium lanjut dan tidak bisa dioperasi lagi," kata dokter dari Divisi Onkologi Ginekologi Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN Cipto Mangunkusumo, Dr dr Tofan Widya Utami Sp.OG (K) di Jakarta, Jumat (20/10/2017)

Dokter Tofan menjelaskan pasien kanker serviks dengan stadium lanjut hanya bisa dilakukan terapi penyinaran atau kemoterapi yang hanya berupaya dalam memperpanjang harapan hidup.

Oleh karena itu Tofan menekankan pentingnya deteksi dini adanya virus penyebab kanker serviks, yakni HPV (Human Papiloma Virus), dengan metode pap smear atau Inveksi Visual dengan Asam asetat (IVA).

Kalau hasil IVA positif, jangan takut, harusnya bersyukur karena masih dalam status prakanker, 100 persen bisa sembuh," jelas Tofan dalam seminar tentang kanker serviks dan payudara di kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Tofan menerangkan pada tahap prakanker pengobatan hanya dilakukan di poliklinik dengan pasien dalam keadaan sadar tanpa harus operasi.

"Jangan takut kalau virus ada di serviks kita, bisa dibersihkan," terang dia seperti dilansir Antara.

Dia mengemukakan bahwa 99,7 persen kasus kanker serviks di dunia disebabkan oleh virus HPV yang menginfeksi leher rahim.

Tofan memberi gambaran tentang kemungkinan perempuan yang terkena kanker serviks bukanlah pada kelompok wanita yang sering bergonta-ganti pasangan seksual atau yang tidak menjaga kebersihan area genital.

 Perempuan yang berisiko tinggi terkena kanker serviks ialah yang tidak pernah melakukan pengecekan melalui metode IVA atau pap smear.

Dia memberikan contoh pekerja seks komersial di Bangkok jarang ada yang terkena kanker serviks dikarenakan selalu melakukan skrining setiap enam bulan sekali guna mendeteksi dini.

Perempuan yang sudah pernah berhubungan seksual sangat disarankan untuk melakukan skrining kanker serviks secara berkala setiap satu tahun sekali melalui metode IVA atau pap smear.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AAJI bersama anggotanya menanam mangrove di PIK

Minggu, 05 Mei 2024 - 06:04 WIB

AAJI Tanam 2000 Bibit Mangrove dan Berikan Literasi Keuangan Pada Kelompok Nelayan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan 27 perusahaan anggotanya menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan “AAJI Peduli…

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:51 WIB

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Dukungan yang diberikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap aktivitas olahraga, membuat moncer sejumlah cabang olahraga di Indonesia.

Tim Thomas dan Uber ke Final

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:48 WIB

Melaju ke Final, BNI Apresiasi Keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan…

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:20 WIB

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Badung- PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut” yang bertujuan salah satunya untuk menekan…