Industri Mamin Berperan Penting Terhadap Produk Domestik Bruto

Oleh : Ridwan | Selasa, 10 Oktober 2017 - 12:33 WIB

Menperin Airlangga Hartarto Resmi Buka Pameran Produk Industri Mamin (Foto Ridwan)
Menperin Airlangga Hartarto Resmi Buka Pameran Produk Industri Mamin (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian terus tingkatkan pertumbuhan industri makanan dan minuman (mamin) nasional. Selain menciptakan iklim investasi yang kondusif, Kemenperin juga terus memfasilitasi promosi produk industri mamin baik dalam maupun luar negeri.

Industri mamin mempunyai peranan penting dalam pembangunan sektor industri terutama kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) industri non migas sebesar 34,42 persen pada triwulan kedua tahun 2017.

"Indonesia dengan jumlah penduduk hampir mencapai 2,6 juta orang merupakan pangsa pasar yang sangat menjanjikan. Apabila para pelaku industri mamin dapat memanfaatkan potensi tersebut, industri ini akan tumbuh dengan baik," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat membuka Pameran Produk Industri Makanan dan Minuman di Plasa Industri Kementerian Perindustrian, Selasa (10/10/2017).

Ia menambahkan, walaupun mengalami perlambatan, pertumbuhan industri mamin pada kuartal kedua tahun 2017 mencapai 7,19 persen. "Hal ini menunjukkan bahwa sektor industri mamin mempunyai peran yang cukup besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional," tambahnya.

Peranan tersebut juga dapat dilihat dari sumbangan nilai ekspor produk mamin termasuk minyak kelapa sawit pada periode Januari-Juni 2017 sebesar US$ 15,4 miliar. Sementara itu realisasi investasi sektor makanan sampai dengan triwulan kedua tahun 2016 sebesar Rp21,6 triliun untuk PMDN dan US$ 1,2 miliar untuk PMA.

Industri mamin menduduki posisi strategis dalam penyediaan produk siap saji yang aman, bergizi dan bermutu. "Oleh karena itu, agar memenuhi ketiga aspek tersebut langkah yang dilakukan antara lain mendorong penerapan SNI, Good Manufacturing Practices (GMP), dan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP), Food Hygiene, Food Safety, Food Sanitation, serta penerapan standar pangan internasional," ucap Airlangga.

Menurut Airlangga, dalam persaingan global saat ini, Indonesia berpartisipasi aktif di dalam forum Codex Allimentarius Commission (CAC) yang bertujuan untuk membahas standar mutu dan keamanan pangan dunia yang terkait dengan kepentingan industri.

"Dalam proses integrasi Asean Economic Community (AEC) pada tahun ini, sektor pangan merupakan salah satu sektor yang akan dipercepat pelaksanaannya," katanya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:00 WIB

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Dewan Komisaris Garuda Indonesia pada hari ini, Jumat (6/12/2019) telah menyampaikan SK Dewan Komisaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019 yang menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt.…