Cakra Mineral Bangun Peleburan Feronikel dan Baja Bernilai Rp1,7 Triliun

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 27 Desember 2016 - 20:58 WIB

 PT Cakra Mineral Tbk (CKRA) (ckra.co.id)
PT Cakra Mineral Tbk (CKRA) (ckra.co.id)

INDUSTRY.co.id -  PT Cakra Mineral Tbk (CKRA), emiten BEI di sektor pertambangan, akan membangun pabrik peleburan dan pemurnian feronikel dan baja jenis pig iron bernilai Rp1,7 triliun. Manajemen perseroan berkapitalisasi pasar Rp316,57 miliar mengambil langkah tersebut untuk mendorong kinerja perseroan yang terus-menerus tertekan.
 
Sebenarnya, demikian Agro Trinandityo, Direktur CKRA, investasi yang dibutuhkan untuk membiayai pembangunan pabrik peleburan dan pemurnian feronikel dan baja tersebut sebesar US$128 juta. Jika dihitung berdasarkan kurs Rp13.400 per dolar AS, maka nilai investasi tersebut setara dengan Rp1,7 triliun.
 
“Adapun investasi yang dibutuhkan untuk membangun pabrik peleburan dan pemurnian feronikel sebesar US$68 juta atau sekitar Rp900 miliar di Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sisanya Rp800 miliar akan digunakan untuk membiayai pembangunan pabrik peleburan dan pemurnian baja jenis pig iron di Aceh,” papar Agro dalam paparan publik di Red Top Hotel, Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2016).
 
CKRA akan melaksanakan pembangunan pabrik peleburan feronikel melalui kerjasama yang dilakukan dengan Zhe Jiang Baoli Mining Co. Ltd., sebuah perusahaan kontraktor Cina. Di pertengahan 2014, CKRA telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan perusahaan kontraktor tersebut dalam rangka kerjasama pembangunan pabrik peleburan feronikel tersebut. Menurut MOU itu, CKRA menguasai 50,1% kepemilikan saham di pabrik berkapasitas 48.000 metrik ton tersebut. Kondisi hingga kini, pembangunan pabrik feronikel tersebut telah memperoleh izin penyediaan lahan.
 
Sementara itu, manajemen CKRA memperkirakan pabrik peleburan baja jenis pig iron akan mulai berproduksi pada triwulan pertama 2018. Pembangunan pabrik di Aceh Tamiang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, tersebut akan dilakukan bekerjasama dengan Shanxi SuoEr Technology, juga sebuah perusahaan konstruksi Cina. Di pabrik peleburan baja berkapasitas 300.000 ton per tahun tersebut, CKRA menguasai 51% kepemilikan saham. (abr)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokoparts

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Jawab Kebutuhan Pasar, Tokoparts Kini Mulai Rambah Pasar Corporate dan Fleet

Tokoparts, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pengadaan suku cadang untuk bengkel-bengkel dan pebisnis suku cadang di Indonesia, perkuat komitmen menjadi platform online penyedia suku…

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum Ramaikan Industri Musik Nasonal

Bakat nyanyi Muhammad Ginaldi Scorpinda atau beken dengan nama Scorpinda turunan dari kedua orang tuanya yang suka bersenandung. Cowok yang berstatus dokter umum ini sempat membuat grup band…

Outlet Paris Baguette

Senin, 23 Mei 2022 - 11:46 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet Baru di Bekasi dan Tangerang

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya d pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment (EFN) meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka 4 outlet baru Paris…

Beras (Doc: Kementan)

Senin, 23 Mei 2022 - 11:24 WIB

Akademisi UI: 3 Tahun Indonesia Tidak Impor Beras, Pemerintah Buktikan Kinerjanya

Peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia, Riyanto menilai salah satu keberhasilan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai Menteri Pertanian adalah meningkatnya…

Stok beras

Senin, 23 Mei 2022 - 11:20 WIB

Irma Suryani: 3 Tahun Tidak Impor Beras Bukti Mentan SYL Jalankan Perintah Presiden

Pemerhati Pangan, Irma Suryani Chaniago mengapresiasi kerja cerdas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) yang mampu menjalankan semua perintah dan arahan Presiden Joko Widodo.