PTPN XII Banyuwangi Hasilkan Produksi Cokelat Berkualitas Terbaik Dunia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 28 September 2017 - 15:40 WIB

Kakao (kakaoindonesia)
Kakao (kakaoindonesia)

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi - Salah satu perkebunan penghasil tanaman kakao atau coklat milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII, Kendenglembu, Kecamatan Glenmore mempunyai hasil produksi biji cokelat yang merupakan kualitas terbaik di Indonesia bahkan di dunia.

Di lokasi tersebut terdapat dua jenis kakao yang menjadi tanaman produktifnya, yakni jenis kakao edel dan kakao bulk. Kakao jenis edel inilah yang memiliki pengakuan dengan kualitas terbaik.

"Jadi kita punya produksi unggulan kakao terbaik di dunia yakni jenis edel. Ini hanya ada di Indonesia dan berada di PTPN XII salah satunya di Perkebunan Kendenglembu ini," jelas Manager PTPN XII Perkebunan Kendeng Lembu, Titon Tantular, Kamis (28/9/2017).

Cokelat di perkebunan ini rata-rata merupakan produk kualitas ekspor. Selain kualitas cokelat yang baik, harga jual juga cukup tinggi.

"Jenis cokelat edel atau biasa disebut cokelat mulia itu bisa tembus 7-8 Dollar, sementara cokelat biasa hanya sekitar 2,5-3 Dollar perkilogram," katanya.

Hasil produksi cokelat kualitas tinggi yang ada sejak jaman Belanda ini sudah merambah sejumlah negara besar di dunia. Meliputi Asia ada Singapura, Malaysia dan Jepang. Sedangkan Eropa, ada Italia, Belanda, Perancis hingga Amerika.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.