Faisal Basri: Pemerintah Tak Boleh Pandang Bulu Dalam Terapkan Wajib Pajak Barang Dari Luar Negeri

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 September 2017 - 15:23 WIB

Ekonom, Faisal Basri
Ekonom, Faisal Basri

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan memastikan, masyarakat atau wajib pajak (WP) diwajibkan membayar pajak untuk setiap barang yang dibeli dari luar negeri.

Terkait hal tersebut, Ekonom, Fasial Basri mengatakan, peraturan ini sudah lama diterapkan dan sekarang ini kembali menyita perhatian. Artinya, sekarang pemeriksaannya lebih intensif lagi.

"Setiap orang yang keluar negeri tau jelas kalau dikenakan pajak sebesar US$ 250 per orang dan US$ 1000 per keluarga," ujar Faisal Basri kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Ia menambahkan, peraturan ini sudah lama diterapkan. Namun, selama ini hanya contreng-contreng saja. "Saya oke-oke saja diberlakukannya peraturan ini. Tapi, tolog para pejabat, anggota DPR dan politisi yang pulang dari luar negeri di periksa juga," terangnya.

Menurutnya, pemerintah harus adil, hukum itu dilaksanakan tanpa pandang bulu dan diskriminasi. "Saya sempat marah saat melihat seorang anggota DPR yang bawa 4 koper dari luar negeri tidak diperiksa, karena dia anggota DPR jadi tidak diperiksa," tegasnya.

Faisal menilai peraturan ini sangat baik untuk menghentikan minat orang Indonesia untuk belanja ke luar negeri. "Saya sangat mendukung agar orang Indonesia kurangi minat belanja di luar negeri, dan fokus untuk belanja produk lokal dalam negeri. Ikhlasin saja," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:32 WIB

Perjuangkan HGBT untuk Seluruh Sektor Industri, Menperin Agus Kirim Surat Evaluasi Kementrian ESDM

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kembali menegaskan, pihaknya bertekad untuk terus memperjuangkan agar kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) dapat dinikmati oleh seluruh sektor…

Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo

Jumat, 03 Mei 2024 - 12:55 WIB

Wamenparekraf Kisahkan Sosok R.A Kartini di Ajang The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism

The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific resmi dibuka oleh Director for Regional Asia and the Pacific, Director of the Regional Department for Asia…

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jumat, 03 Mei 2024 - 11:31 WIB

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jakarta– PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali memastikan penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sesuai rencana, khususnya pengusahaan jalan tol yang akan menghubungkan 2…

Manajemen Linktown Indonesia saat peresmian kantor cabang Bandung

Jumat, 03 Mei 2024 - 10:12 WIB

Resmikan Kantor Cabang Baru, Linktown Siap Rebut Pasar Properti Bandung

Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor cabang di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (2/5). Peresmian kantor cabang Linktown Bandung dihadiri oleh para Founder Linktown, Head…

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:37 WIB

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (01/05/2024). mengundang bakal calon (Balon) kepala daerah se-Sumatera, di Hotel Mercure, Jakarta Barat.